Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendukung gelaran perlombaan lari "Green Force Run 2024" yang digelar oleh PT Persebaya Indonesia yang dijadwalkan melintasi kawasan Kota Lama pada Minggu (23/6).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam keterangan resmi, Kamis, mengatakan rute gelaran tersebut sudah ditetapkan dengan melintasi kawasan kota lama.

"Hari ini banyak yang memilih Kota Surabaya untuk olahraga lari, rata-rata untuk maraton dan itu kami arahkan ke kota lama," kata Eri.

Pemilihan rute itu diyakininya mampu mengangkat pamor kawasan kota lama di Surabaya, yang terdiri dari beberapa zona, seperti Arab, Pecinan, dan Eropa.
 
Karena itu, Eri meminta jajarannya untuk mempercepat proses perbaikan di kawasan tersebut, sehingga ketika ajang tersebut berjalan para peserta bisa merasakan sisi lain dari Surabaya.

Baca juga: Pimpinan DPRD Surabaya: Revitalisasi zona Eropa pertahankan nilai sejarah

Selain "Green Force Run", kata Eri even lari lainnya juga siap digelar di Surabaya, yakni bertajuk "Run Hub". "Saya berharap, kota lama itu bisa menjadi wisata olahraga," ujarnya.

Sementara, Direktur Operasional Persebaya Candra Wahyudi menyampaikan pemilihan rute di kawasan kota lama karena ingin menghadirkan pengalaman baru bagi peserta, sekaligus menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS).

Sebelumnya, "Green Force Run" edisi pertama dan kedua digelar di kawasan Surabaya Barat.

"Makanya kami komunikasi dengan Pak Wali Kota Eri untuk menggelar Green Force Run di dalam Kota Surabaya dengan rute melintasi ikon Surabaya. Alhamdulillah tadi mendapat dukungan penuh," katanya.

Sedangkan untuk kategori yang dibuka pada even lari itu, yakni  "Family Run 2K", umum 5K, 10K hingga 21K atau half marathon.

"Target peserta kami sampaikan ke Pak Wali sekitar 4.000 sampai 5.000, tetapi Pak Wali Kota berharap bisa lebih dari itu, mudah-mudahan bisa di atas itu," tutur dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024