Kantor Wilayah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Jawa Timur (Jatim) memberikan penghargaan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo karena telah memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan optimal bagi pekerja ekosistem desa dan aparatur pemerintah desa.

Selain itu BPJS Ketenagkerjaan juga memberikan penghargaan ke Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Baluran sebagai badan usaha milik Pemkab Situbondo yang sudah berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan.

"Penghargaan yang pertama ke pemerintah daerah (pemda) mengenai kepesertaan ekosistem desa, dimana di dalamnya adalah kepesertaan pemerintah desa,"ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Situbondo Herry Yudisthira di Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Ia menyebutkan dari 132 desa di Kabupaten Situbondo hingga saat ini tercatat ada 126 desa yang sudah mendaftarkan perangkat desa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Seperti Desa Talkandang seluruh aparatur desa dan bahkan ketua RT/RW juga diakomodir oleh pemerintah desa setempat dalam kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Herry.

Baca juga: Pemkab Situbondo bentuk Desk Pemilu sukseskan pesta demokrasi

Sedangkan penghargaan kepada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Baluran, kata dia, karena perlindungan kepada 450 orang pekerja rentan sektor informal. 

Di sela memberikan penghargaan itu, BPJS Ketenagakerjaan Situbondo juga membayarkan klaim jaminan kematian dan beasiswa satu orang anak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan mendiang Akhmad Yusri, perangkat Desa Talkandang, sebesar Rp124 juta (Rp42 juta jaminan kematian dan Rp81 juta beasiswa).

BPJS Ketenagakerjaan Situbondo juga membayarkan klaim jaminan kematian kepada Rp42 juta kepada almarhum Ainul Yaqin peserta BPJS-TK yang merupakan pegawai non-ASN di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Situbondo.

Sementara itu Bupati Situbondo Karna Suswandi berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah memberikan penghargaan untuk Pemkab Situbondo.

"Saya mendorong pemerintah desa yang masih belum mendaftarkan perangkat desanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena ini juga penting memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi perangkat desa," ujarnya. 

Sertifikat penghargaan dari Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur itu diserahkan oleh Bupati Karna Suswandi didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Herry Yudisthira Situbondo kepada Sekda Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan dan Direktur Perumda Air Minum Tirta Baluran.

Bupati Situbondo juga menyerahkan klaim jaminan kematian dan beasiswa kepada keluarga penerima peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024