Jumlah penumpang di Terminal Minak Koncar dan Stasiun Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami peningkatan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Jumlah penumpang yang datang dan berangkat di Terminal Minak Koncar selama liburan mengalami peningkatan signifikan dari hari biasanya," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha Murdiarto saat dikonfirmasi per telepon di Lumajang, Sabtu.

Ia mengatakan hasil pantauan petugas selama masa libur tahap pertama tingkat kedatangan dan keberangkatan bus di Terminal Minak Koncar mengalami peningkatan sejak hari pertama hari libur sekolah dari 175 unit menjadi 189 unit atau meningkat sebesar 7 persen.

"Untuk jumlah penumpang mengalami peningkatan sebesar 30 persen, dari rata-rata 350 orang menjadi 570 orang saat liburan Natal hingga akhir tahun," tuturnya.

Sementara penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api di Stasiun Klakah - Lumajang mengalami peningkatan menjelang Natal yakni kedatangan penumpang ada peningkatan pada 24 Desember 2023 sebanyak 307 penumpang dan hari sebelumnya sebanyak 261 penumpang.

"Untuk jumlah kereta api (KA) relasi kedatangan dan keberangkatan tidak mengalami penambahan yakni tetap sejumlah 16 relasi KA yang tiba dan datang di Stasiun Klakah," katanya.

Sedangkan berdasarkan data di Terminal MPU Type C (Lumajang - Klakah - Pasirian - Pronojiwo) dalam masa liburan sekolah tidak mengalami peningkatan mengingat penumpang dari kalangan siswa sekolah dalam musim libur.

"Tertinggi di Terminal MPU Lumajang dengan rata rata armada datang sebanyak 30 unit dengan jumlah penumpang rata-rata harian 80 orang," ujarnya.

Ia menjelaskan secara keseluruhan angkutan transportasi baik di terminal maupun stasiun dalam situasi masa libur Natal dan Tahun Baru Tahap 1 dalam keadaan aman, lancar dan terkendali.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023