Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Malang untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat setempat.

Wahyu, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa masyarakat saat ini memiliki harapan tinggi terhadap kinerja pemerintah, sehingga hal tersebut menjadi tantangan yang perlu dijawab dengan kinerja yang baik dan memuaskan.

"Sudah marwahnya, kita yang berada di kecamatan dan kelurahan memiliki fungsi sebagai garda terdepan dan berurusan langsung dengan masyarakat, maka fokusnya adalah pelayanan publik," kata Wahyu.

Di hadapan para ASN yang berada di Kantor Kecamatan Sukun, Wahyu menjelaskan bahwa pada era modern seperti saat ini, pengawasan masyarakat terhadap kinerja pelayanan sudah sangat tinggi dan perlu disikapi dengan pendekatan yang tepat.

Menurut dia dengan tingginya harapan masyarakat terhadap kinerja pelayanan para ASN khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Malang, selain memberikan pelayanan yang maksimal, juga harus tetap mengikuti aturan yang berlaku.

"Pendekatan seperti apa? tentu kita wajib melakukan pelayanan sebaik mungkin sesuai aturan, itu normanya. Norma ini harus kita pegang, itu pesan saya. Jadi bukan semata-mata ingin memberi pelayanan maksimal tapi ternyata malah menyalahi aturan," tambahnya.

Ia menambahkan, dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat tanpa menyalahi aturan tersebut, perlu dilakukan peningkatan kompetensi individu para ASN, termasuk menghadirkan berbagai inovasi dalam pelayanan publik.

"Reformasi birokrasi adalah semangat perubahan, meningkatkan kemampuan diri dan organisasi, maka ya perlu meningkatkan kompetensi individu ASN, dari sana harus ada inovasi dalam pelayanan publik, itu yang ingin saya tekankan," tambahnya.

Wahyu juga menginstruksikan partisipasi dan sumbangsih kinerja kecamatan dan kelurahan dalam meraih target capaian penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pendapatan dari sektor pajak merupakan tanggung jawab bersama.

"Jangan lupa capaian target penerimaan PBB juga jadi kewajiban camat dan lurah, saya berharap optimalisasi peran, ini tanggung jawab yang harus kita pikul bersama," tambahkan.

Dalam kesempatan itu, Wahyu juga memberikan penghargaan pada tiga lurah terbaik yang berhasil meraih capaian target PBB tertinggi di wilayah Kecamatan Sukun, yakni Lurah Ciptomulyo, Lurah Pisangcandi dan Lurah Bandulan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023