Pemerintah Kabupaten Situbondo bersama dengan Perum Bulog Bondowoso-Situbondo menyalurkan bantuan pangan dari Kementerian Sosial berupa beras medium kepada 76.923 keluarga penerima manfaat (KPM).

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan bahwa bantuan pangan bagi warga kurang mampu ini juga sebagai upaya untuk menekan harga beras di pasaran yang masih tinggi, salah satunya harga beras medium di pasaran Rp13.500 per kilogram dari sebelumnya Rp10.000 per kilogram.

"Bantuan pangan ini diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat kurang mampu di Situbondo, untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok utamanya beras," kata Bung Karna, sapaan Bupati Karna Suswandi usai menyerahkan secara simbolis bantuan pangan beras di Kantor Desa Tanjung Kamal, Kecamatan Mangaran, Situbondo, Sabtu.

Penyaluran bantuan pangan berupa beras ini, kata Bupati Karna Suwandi, sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi yang dimungkinkan terjadi akibat dari kenaikan harga sejumlah bahan pokok.

"Untuk di Desa Tanjung Kamal ini kami bagikan beras kepada 1.010 keluarga penerima manfaat atau KPM yang sudah terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," katanya.

Bupati menambahkan, pada tahun depan (2024) bantuan pangan akan kembali disalurkan sebanyak enam kali, yaitu pada Januari sampai Maret dan April sampai Juni.

"Kami dari pemerintah daerah terus memperbaiki data penerima bantuan pangan melalui verifikasi dan validasi DTKS. Mengingat, masih ada sejumlah warga miskin yang belum terakomodir sebagai penerima bantuan pangan," katanya.

Sementara itu, Pemimpin Perum Bulog Cabang Bondowoso membawahi Situbondo Hesty Retno Kusumastuti mengemukakan bahwa Bulog menyalurkan beras sebanyak 769.230 kilogram per bulan untuk bantuan program cadangan pangan pemerintah (CPP) yang mencakup 17 kecamatan di Situbondo.

"Beras bantuan pangan 769.230 kilogram itu untuk 76.923 keluarga penerima manfaat. Masing-masing keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan 10 kilogram," katanya.

Hesty menambahkan, penyaluran bantuan pangan berupa beras untuk alokasi bulan Desember 2023 sudah mencapai 100 persen.

"Jadi, jenis beras yang disalurkan pada program CPP ini adalah beras medium yang dibagikan sebanyak 10 kilogram per alokasi per keluarga penerima manfaat (KPM)," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023