Pusat Studi Politik dan Transformasi Sosial (Puspolnas) Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Pusat Studi Politik dan Sosial (PSPS) Universitas Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Jakarta menjalin kerja sama riset politik menjelang Pemilu 2024.

Sekretaris Uhamka Emaridial Ulza dalam keterangan diterima di Surabaya, Sabtu, mengatakan kerja sama tersebut dilatarbelakangi oleh tekad bersama untuk menyediakan pemahaman mendalam mengenai dinamika politik, preferensi pemilih, dan isu-isu kunci yang akan mempengaruhi proses pemilihan mendatang. 

"Dengan kombinasi keahlian dan pengalaman dari kedua lembaga, saya berharap riset ini akan memberikan kontribusi berharga untuk memahami perubahan-perubahan signifikan dalam peta politik," ujar Ulza yang merupakan alumnus salah satu universitas ternama di Rusia itu. 

Ulza juga menegaskan bawah riset yang akan dilakukan mencakup survei secara luas, analisis data yang cermat, dan pendekatan multidisiplin. Kedua pusat studi tersebut berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan integritas dan transparansi dalam seluruh proses riset.

Sementara Direktur Puspolnas UM Surabaya, Radius Setiyawan menjelaskan beberapa fokus riset. Dia menegaskan bahwa kolaborasi kedua pusat studi tersebut akan berusaha melihat politik dan transformasi masyarakat secara berbeda. 

"Dalam banyak survei yang telah ada, fokus soal elektabilitas begitu dominan. Hampir semua lembaga survei mengukur hal tersebut. Kami tentunya akan melakukan hal yang serupa, tetapi yang membedakan adalah soal fokus riset dan tema-tema aktual yang akan kami ulas," ujarnya.

"Kami akan mengukur prilaku memilih beberapa kelompok masyarakat, ormas Islam dan bahkan kelompok-kelompok subaltern (marginal) yang selama ini jarang mendapatkan sorotan," tambah Radius yang juga merupakan dosen Kajian Budaya dan Media UM Surabaya itu. 

Radius juga menegaskan bahwa riset politik yang akan disuguhkan berusaha melengkapi wacana politik yang telah ada. Pertemuan antarkedua lembaga telah menghasilkan beberapa rumusan strategis. 

Telah disepakati beberapa tema riset untuk beberapa bulan ke depan, di antaranya memotret terkait peran Ormas Islam di Indonesia, peran generasi Z dan prilaku memilihnya, wacana perubahan iklim dan kaitannya dengan visi calon pemimpin bangsa hingga soal peran media baru dalam Pilpres 2024. 

"Contohnya dalam konteks media, beberapa institusi telah menyelenggarakan dialog publik atau uji publik terhadap calon pemimpin bangsa, salah satunya adalah Muhammadiyah. Melalui survei, kami akan mengukur tingkat efektivitas agenda tersebut dan bagaimana agenda tersebut mampu mempengaruhi prilaku memilih," kata Radius.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023