Kepolisian Resor (Polres) Situbondo mempersiapkan 1.000 bibit mangrove dalam rangka penanaman tanaman bakau secara serentak memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brigade Mobile (Brimob) dan Korps Kepolisian Air dan Udara (Polairud) tahun 2023.

Wakapolres Situbondo Kompol I Made Prawira Wibawa mengemukakan bahwa Polres Situbondo menerima 1.000 bibit mangrove dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang akan ditanam di pesisir pantai yang membutuhkan penghijauan.

"Mangrove ini untuk mencegah abrasi, yakni pengikisan pantai yang diakibatkan arus laut dan bisa merusak garis pantai," ujarnya di Situbondo, Jumat.

Penanaman mangrove dalam rangka HUT Brimob dan Polairud ini akan dilakukan secara serentak menunggu petunjuk Polda Jatim. Penanaman mangrove ini diselaraskan dengan program penghijauan Pemprov Jatim.

"Kami akan melakukan penanaman mangrove secara serentak di beberapa titik yang memang membutuhkan penghijauan, salah satunya di Desa Duwet, Kecamatan Panarukan," kata Wakapolres.

Kompol I Made Prawira menjelaskan Situbondo memerlukan penghijauan mangrove mengingat panjang pantai mencapai 150 kilometer.

Dengan menjaga kelestarian mangrove, kata dia, maka juga akan melindungi bencana yang dimungkinkan terjadi.

"Jika kelestarian mangrove terjaga maka keberlangsungan ekosistem laut juga terjaga, habitat flora dan fauna akan terjamin sehingga tidak akan terjadi abrasi," tutur dia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023