Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resor Malang memperkuat sinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menciptakan pesta demokrasi Pemilihan Umum 2024 yang aman dan damai.

Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita di Kepanjen Kabupaten Malang, Jumat, mengatakan penguatan sinergi antara Polres Malang dengan KPU Kabupaten Malang tersebut, bertujuan untuk menciptakan lingkungan kondusif selama tahapan Pemilu.

"Penguatan sinergi ini, penting untuk dilakukan antara Polres Malang dan KPU termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mengawal tahapan Pemilu netral, adil, jujur dan transparan, yang pada akhirnya menghadirkan Pemilu damai," kata Agnis.

Agnis menjelaskan Polwan Polres Malang memberikan dukungan penuh untuk menjamin proses kelancaran setiap tahapan Pemilu 2024, khususnya di wilayah Kabupaten Malang. Keamanan dan ketertiban selama tahapan Pemilu 2024 menjadi tanggung jawab bersama.

Menurutnya, kehadiran Polres Malang sebagai unsur keamanan, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan keamanan dan ketertiban selama proses pesta demokrasi terbesar di Indonesia pada 14 Februari 2024.

"Kami siap memberikan dukungan penuh untuk kelancaran setiap tahapan Pemilu, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses berlangsung," ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Agnis juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ia juga akan melanjutkan tugas di Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara. Namun, ia memastikan bahwa kerja sama yang terjalin baik antara Polres Malang dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Malang akan tetap berlanjut.

"Pergantian tugas ini tentu menjadi suatu kenangan bagi saya. Saya berharap, hubungan yang telah terjalin baik antara Polres Malang dan KPU serta Bawaslu Kabupaten Malang dapat terus berlanjut di masa mendatang," harapnya.

Dalam kesempatan itu, Penanggung Jawab Publikasi KPU Kabupaten Malang, Isnawan Ardiansyah, menyatakan bahwa kerja sama yang baik antara pihak kepolisian dan KPU sangat penting untuk menjamin suksesnya pelaksanaan Pemilu.

“Kami berharap sinergi ini terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan bersama, yakni pelaksanaan Pemilu damai," ujar Isnawan.

Pada Pemilu 2024, KPU telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Presiden 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

Kemuduan, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye Pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023