PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menggandeng Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Giri Nawa Tirta Kabupaten Pasuruan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi sejumlah perusahaan yang beroperasi di kawasan industri milik pemerintah tersebut.

Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono dalam siaran persnya yang diterima di Surabaya, Jumat, mengatakan salah satu tujuan adanya kawasan industri di daerah adalah untuk menyejahterakan dan meningkatkan perekonomian.

"Dengan adanya PKS ini, PDAM Giri Nawa Tirta akan menyuplai kebutuhan air bersih yang ada di PIER. Dan PIER bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi perusahaan-perusahaan yang telah berinvestasi di PIER. Tentu secara bisnis ini saling menguntungkan," ujar Didik.

Menurut dia, air bersih, listrik, gas dan telekomunikasi merupakan infrastruktur dasar yang harus dipenuhi setiap kawasan industri karena menjadi nadi kehidupan.

"Kerja sama dengan PDAM Pasuruan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan jangka pendek, tetapi juga mendefinisikan masa depan operasional di PIER. Air adalah aset vital untuk kawasan industri, dan PDAM Giri Nawa Tirta adalah mitra strategis yang kami percayakan," ucapnya.

Kebutuhan air bersih di PIER, lanjutnya, jumlahnya sangat banyak, karena sejumlah perusahaan di PIER merupakan mempunyai sektor skala besar, baik negeri maupun asing.

"Itu artinya, PDAM Giri Nawa Tirta juga bisa menjual air dalam jumlah yang banyak. Harapannya bisa mendongkrak pendapatan PDAM Giri Nawa Tirta dan menambah tenaga kerja yang muaranya bisa meningkatkan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat," ujarnya.

Melalui kerja sama tersebut, pihaknya berharap PDAM Giri Nawa Tirta juga dapat mencari sumber air alternatif yang andal selain umbulan untuk memastikan kelancaran operasional para penyewa di PIER tetap terjamin.

"Dengan komitmen terhadap pelayanan terbaik, PDAM Giri Nawa Tirta akan menjaga mutu dan kuantitas pasokan air, menjadikan kawasan industri PIER semakin menarik bagi para investor," tuturnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Giri Nawa Tirta Pasuruan Za'ari mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan SIER kepada perusahaan air minum yang dipimpinnya.

"Terima kasih kami telah diberikan kepercayaan untuk menyuplai air bersih di PIER. Ini merupakan yang pertama kalinya, dan kami siap memberikan pelayanan terbaik sesuai standar kualitas yang ditetapkan PT SIER," katanya.

Za'ari menjelaskan bahwa kualitas pasokan air bersih yang stabil dan berkualitas tinggi, adalah kunci kesuksesan kawasan industri.

"Untuk itu, kerja sama ini akan memastikan pasokan air bersih yang handal sesuai dengan standar yang ketat," ucapnya.

Perlu diketahui, acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini dari SIER dihadiri Direktur Utama (Dirut) Didik Prasetiyono dan para direksi. Sementara dari PDAM Giri Nawa Tirta dihadiri Dewan Pengawas Khoirul Huda, Dirut PDAM Giri Nawa Tirta, Za'ari dan Indra Irawan Kabag Hubungan Langganan.

Selain itu, penandatanganan PKS ini juga disaksikan perwakilan dari Pemkab Pasuruan yakni; Asisten II Sekdakab Pasuruan Tri Agus Budiharto, Kepala Bagian Perekonomian Wiyoso Hadinito dan Analis Kebijakan Muda Marita Ika R.
 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023