Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat baru ada lima jenis logistik Pemilu Serentak 2024 yang sudah siap dan tersimpan di gudang logistik KPU setempat.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto di Situbondo, Senin, mengatakan dari sejumlah jenis logistik yang pengadaan-nya dilakukan oleh KPU RI baru satu jenis yang diterima KPU Situbondo, yakni logistik tinta pewarna semi-permanen sebanyak 4.030 botol yang datang beberapa waktu lalu.

"Logistik pemilu dari KPU RI yang baru kami terima tinta pewarna, sedangkan sejumlah jenis logistik pemilu lainnya diperkirakan akan dikirim ke pada pekan depan, insya-Allah 17 November mendatang," ujarnya.

Selain tinta pewarna, lanjut Marwoto, logistik pemilu yang pengadaan-nya dilakukan oleh KPU kabupaten yang sudah siap ada empat macam, yakni bantalan, alat coblos, plastik dan alat kelengkapan personel atau petugas tempat pemungutan suara (TPS) seperti identitas dan lainnya.

Lima jenis logistik Pemilu Serentak 2024 itu, katanya, saat ini telah disimpan di gudang logistik di kawasan pusat oleh-oleh Situbondo (pasesi), jalan Basuki Rahmat Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji.

Sebelumnya, menurut Marwoto, KPU Situbondo dijadwalkan menerima logistik kotak suara dan bilik serta kabel tis (gembok kotak suara) pemilu tahap pertama dari KPU pusat pada 16-20 Oktober lalu.

"Tapi yang dikirim tinta pewarna terlebih dahulu, sedangkan kotak suara dan bilik dan lainnya masih belum bisa dikirim karena terkendala suatu hal," kata Marwoto.

Logistik pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2024 yang diterima oleh KPU Situbondo sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 2015 TPS yang tersebar di 136 desa/kelurahan dan 17 kecamatan.

Masing-masing TPS terdapat lima kotak suara dan tiga bilik atau ruang mencoblos, sehingga jumlah total yang diterima KPU sebanyak 10.075 kotak suara dan 6.045 bilik, serta kabel tis atau gembok untuk kotak suara sesuai jumlah kotak suara.

Pengadaan logistik yang menjadi domain KPU Provinsi Jawa Timur saat ini masih sedang proses, di antaranya sampul, spidol dan lainnya. Sedangkan pengadaan logistik domain KPU Kabupaten Situbondo, di antaranya surat suara, beberapa formulir, banner dan alat peraga kampanye atau APK dan lainnya.

Pada 3 November 2023, KPU Kabupaten Situbondo telah menetapkan 469 orang calon anggota legislatif masuk daftar calon tetap (DCT). Ke-469 caleg 2024 itu berasal dari 16 partai politik yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024.

Sejumlah 16 partai politik itu adalah Partai Gerindra, PKB, PDIP, Golkar, NasDem, Partai Gelora, PKS, PKN, Hanura, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023