Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyiapkan tenaga medis untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam rangka Bakti Kesehatan Akabri Angkatan 91 pada Sabtu (21/10) di Lapangan Rampal, Kota Malang.

"Untuk tenaga medis nantinya disiapkan oleh Biddokkes Polda Jatim lebih kurang 459 orang," kata Kepala Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda Jawa Timur Kombes Pol dr. Erwin Zainul Hakim di Kota Malang, Jumat.

Erwin menyampaikan bahwa 85 dokter umum dan dokter spesialis, enam dokter gigi, 179 perawat, tujuh tenaga kesehatan lain, 22 petugas Palang Merah Indonesia, 40 personel TNI, dan 120 petugas non-kesehatan disiapkan untuk pelaksanaan Bakti Kesehatan Akabri Angkatan 91.

Bakti Kesehatan Akabri Angkatan 91, menurut dia, meliputi penyelenggaraan layanan pengobatan umum, pengobatan spesialis, pemeriksaan laboratorium, konsultasi gizi, mobil penanganan katarak, mobil kesehatan gigi, dan mobil layanan bedah.

Baca juga: PJR Polda Jatim-JNK adakan razia "odol" cegah kecelakaan di jalan tol

"Selain itu, juga ada pelayanan untuk Keluarga Berencana (KB) atau ibu hamil, stunting, menghapus tato, fisioterapi, donor darah, dan khitan," katanya.

Dalam pelaksanaan Bakti Kesehatan Akabri Angkatan 91, Biddokkes Polda Jawa Timur melibatkan Rumah Sakit Bhayangkara Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Batu, Bondowoso, dan Lumajang serta Rumah Sakit Yonkes dan RSAL.

Erwin menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Kesehatan Akabri Angkatan 91 dibagi dalam empat zona.

Zona satu didukung oleh 176 tenaga kesehatan, zona dua ditopang 162 tenaga kesehatan, zona tiga didukung 25 tenaga kesehatan, dan zona empat ditopang oleh 106 tenaga kesehatan.

Pelayanan kesehatan dalam Bakti Kesehatan Akabri Angkatan 91 dilaksanakan pada 21 Oktober 2023 dari pukul 07.00 sampai 15.00 WIB.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapat layanan kesehatan gratis ini dapat mendaftarkan diri di Polres yang terdekat," kata Erwin.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023