Jajaran Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur kembali menggelar operasi gentong, sebuah program sosial di lingkungan Korps Bhayangkara setempat untuk mendistribusikan bantuan air bersih langsung ke lingkungan-lingkungan pemukiman terdampak kekeringan.

"Ini inisiatif jajaran kami di daerah terdampak dengan mendistribusikan air bersih menggunakan tandon yang diangkut mobil patroli ke desa-desa terdampak. Program ini kami adopsi untuk seluruh jajaran yang ada wilayahnya mengalami krisis air bersih," kata Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono di Trenggalek, Sabtu.

Dengan kapasitas 1.800 liter, mobil patroli polisi yang disulap bak gentong berjalan itu kembali turun gunung.

Sebelumnya, mobil itu telah dikembalikan ke bentuk aslinya saat musim penghujan pasca digunakan untuk kegiatan serupa pada beberapa tahun lalu.

Baca juga: Polres Trenggalek instruksikan jajaran tanggap darurat bencana karhutla

"Kita upayakan bisa melakukan pengiriman setiap hari. Sehari bisa sampai dua kali pengiriman karena cakupan wilayah yang cukup luas," katanya.

Patroli gentong reborn itu menyasar desa-desa wilayah terdampak kekeringan khusus di Kecamatan Dongko.

Mobil patroli gentong itu mengambil sumber mata air di wilayah Desa Sumberbening untuk kemudian didistribusikan ke beberapa desa terdampak kekeringan.

"Untuk personel yang kita kerahkan bergantian sesuai dengan jadwal piket harian. Sedangkan sasaran menyesuaikan masukan dari Bhabinkamtibmas. Terkadang juga ada permintaan resmi dari masyarakat, sebisa mungkin kita bantu dan cukupi," katanya.

Nama patroli gentong itu diambil dari kata gentong yang dalam bahasa Jawa berarti wadah atau tempat menyimpan air yang terbuat dari tanah liat.

Patroli gentong ini memang rutin digelar oleh Polsek Panggul setiap tahun terlebih di musim kemarau panjang.

Selain Polsek Dongko, polsek yang melakukan kegiatan serupa adalah Polsek Panggul.

Bernama Patroli Sambang Tirta, mobil patroli di polsek itu juga dimodifikasi dengan wadah air kapasitas 1.000 liter.

Selain lewat patroli modifikasi mobil patroli itu, bantuan suplai air bersih juga dilakukan korps bhayangkara dalam beberapa momentum bersama petugas gabungan lainnya.

"Tujuannya membantu masyarakat mencukupi kebutuhan air bersih sekaligus memantau keamanan wilayah," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023