Penyelenggara Jawa Timur Festival (Jatim Fest) 2023 mencatat transaksi dari pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) senilai Rp7,3 miliar selama tiga hari terakhir. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan sejak dibuka di Gedung JX International Surabaya pada 4 Oktober lalu, hingga kini jumlah pengunjung terdata sebanyak 17.931 orang dengan total transaksi mencapai Rp7,3 miliar. 

"Pada hari pertama, jumlah pengunjung Jatim Fest sebanyak 3.784 orang dengan total transaksi Rp1,7 miliar," katanya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Hari kedua, pengunjung tercatat sebanyak 6.797 orang dengan transaksi mencapai Rp2,6 miliar

Hari ketiga, hingga siang pukul 12.00 WIB, jumlah pengunjung terdata sebanyak 6.846 orang dengan nilai transaksi Rp2,9 miliar. 

"Alhamdulillah, dalam tiga hari sudah mencapai lebih dari Rp7 miliar. Membuktikan bahwa acara ini mampu menjadi penggerak perekonomian bagi UMKM," ujar Gubernur Khofifah. 

Mantan Menteri Sosial itu optimistis angka transaksi dan pengunjung akan terus meningkat hingga acara penutupan pada 8 Oktober mendatang.

Penyelenggaraan "Jatim Fest" sebelumnya dikenal dengan nama "Jatim Fair" yang telah rutin digelar dalam rangkaian peringatan hari jadi provinsi setempat sejak tahun 2010. 

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke- 13. Pergantian nama menjadi "Jatim Fest" dalam rangkaian peringatan hari jadi provinsi setempat ke-78 diharapkan dapat memberikan perspektif dan semangat baru. 

Gubernur Khofifah meyakini penyelenggaraan "Jatim Fest" mampu memberikan dampak besar bagi sektor perekonomian khususnya UMKM di wilayah provinsi setempat. 

"Sebab masyarakat akan melihat secara langsung bagaimana kualitas dan daya saing produk UMKM melalui gelaran ini. Inilah fasilitas yang diberikan oleh Pemprov Jatim sebagai ajang promosi produk unggulan UMKM. Mengingat kontribusi UMKM Jatim terhadap produk domestik regional bruto saat ini telah mencapai  58,36 persen," katanya.

"Jatim Fest" diharapkan dapat mengungkit potensi-potensi unggulan tiap daerah sehingga mendapatkan perluasan akses pasar dan UMKM Jatim bisa bangkit. 

"Saya optimistis acara ini mampu menjadi alternatif pemulihan ekonomi dan membuat Jatim semakin melaju. Saya mengajak seluruh masyarakat Jatim untuk mengunjungi 'Jatim Fest' yang masih terselenggara hingga hari Minggu. Jangan sampai menyesal tidak datang ke acara ini. Mari manfaatkan weekend dengan datang ke even ini," tuturnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023