Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Bangkalan meminta masyarakat mengabaikan apabila bila menerima pesan melalui akun WhatshApp (WA) yang mengatasnamakan Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie.

"Ini penting kami sampaikan kepala khalayak dan media massa, karena dalam dua hari terakhir ini banyak masyarakat menerima pesan WA mengatas namakan diri Pj Bupati Bangkalan," kata Kepala Diskominfo Bangkalan Agus Sugianto Zein dalam keterangan pers yang disampaikan kepada media di Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu malam.

Ia menjelaskan akun WA yang banyak beredar mengirim pesan itu menggunakan nomor telepon seluler +6282154131118 dan menggunakan foto Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie.

Selain mengirim pesan kepada masyarakat, akun palsu itu juga diketahui banyak mengirim pesan kepada pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangkalan. Isinya, menyapa kepala dinas dan menyampaikan salam hormat.

"Salah satu kepala dinas di Kabupaten Bangkalan yang telah menginformasikan kepada kami menerima pesan dari akun palsu yang mengatas namakan Pj Bupati Bangkalan itu, Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bangkalan.

"Assalamu Alaikum. Selamat malam bpk KADIS LH Hormat Kami, PJ BUPATI BANGKALAN', demikian pesan yang dikirim oleh akun itu.

Agus menjelaskan sejauh ini memang belum ada laporan ada warga atau pejabat di lingkungan Pemkab Bangkalan yang menjadi korban penipuan dari akun tersebut.

Akan tetapi, pihaknya perlu menyebarluaskan informasi tersebut kepada masyarakat agar tidak ada yang menjadi korban penipuan.

"Sebab, sudah banyak terjadi di sejumlah daerah di Jawa Timur, termasuk di Madura ada warga yang tertipu oleh akun yang mengatasnamakan kepada daerah," katanya.

Ia meminta masyarakat agar lebih berhati-hati apabila menerima pesan atau telepon dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan secara akurat.

"Harap selalu waspada dan lakukan check and re-check sumber informasi terlebih dahulu," kata Agus.

Secara terpisah Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie membenarkan ada akun palsu yang mengatasnamakan dirinya itu.

Ia meminta semua pihak tidak mudah percaya dan meminta peran aktif masyarakat agar melaporkan kepada dirinya apabila ditemukan ada tindakan yang merugikan dari peredaran akun whatshApp palsu yang mengatas namakan dirinya itu.

"Kalau teman-teman wartawan sebaiknya konfirmasi secara langsung ke saya. Sekali lagi kami tegaskan, itu tidak benar," tutur Arief M Edie.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023