Karang Taruna yang tergabung dalam Heppiii Community Situbondo dan Bondowoso, Jawa Timur, membagikan ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu.

Dalam keterangan tertulis diterima di Situbondo, Jumat, Koordinator 76 Hepiii Community Situbondo Mochammad Ridwan menyebutkan ada belasan desa di Situbondo yang tergabung dalam kegiatan bagi-bagi sembako dengan cara yang berbeda, mulai dengan cara melalui syukuran, lomba-lomba Agustus hingga karnaval.

"Ada juga yang langsung membagikan sembako kepada warga sekitar. Jumlahnya ada ratusan paket," kata Ridwan.

Dia merinci desa-desa di Situbondo dan Bondowoso yang menyalurkan paket sembako di antaranya Desa Alasmalang 65 paket, Kendit 60 paket, Sumberanyar 60 paket, Gebangan 70 paket, Botolinggo 100 paket.

"Masing-masing paket sembako ini berisi minyak goreng kemasan, mi instan, dan gula pasir," ujarnya.

Kegiatan 76 Merdeka Heppiii diikuti oleh 17 desa di Situbondo dan Bondowoso di antaranya komunitas Bakti Pemuda Desa Alasmalang, Remaja Masjid atau Remas Al Munawaroh, Desa Gayam Lor, Petani Heppiii Desa Kendit, Pejuang Heppiii Desa Patemon, Lomunitas Heppiii Desa Gelung, Pejuang Heppiii Desa Cermee, dan Pejuang Heppiii Desa Gayam.

Ada juga kelompok pengajian Desa Sundang Botolinggo, Remas RSC Desa Sumberanyar, Takmir masjid Nuruttaubah Desa Gebangan, Takmir Masjid Darussalam Desa Tanjung Pecinan, Remaja Masjid Al-Muchlisin Desa Bantal.

Takmir masjid Darussalam Desa Walidono, kelompok pengajian Desa Kedungdowo, kelompok pengajian Desa Kembang Suko, Remaja Masjid Nurul Huda Paras, Desa Duwet, dan Komunitas Heppiii Desa Peleyan.

Merdeka Heppiii ini juga dilakukan secara serentak oleh ratusan desa di 17 kabupaten/kota di Indonesia, khususnya di Jawa Timur dan di Kalimantan. Di antaranya, Banyuwangi ada 17 desa, Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, Madiun 17 desa.

Selanjutnya Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4 desa, Pasuruan 10 desa, Ponorogo 14 desa, Situbondo 17 desa, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, Banjarmasin 19 desa.

Koordinator Heppiii Community Pusat, Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa.

"Kegiatan yang kami lakukan ini ada juga penambahan dan perbaikan fasilitas umum dan fasilitas sosial, seperti pengecatan gapura, pemasangan lampu, tasyakuran, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, dan lomba-lomba," katanya.(*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023