Satlantas Polres Malang menjaring ribuan pelanggar lalu lintas selama Operasi Zebra yang digelar pada 4-17 September 2023 lalu di wilayah tersebut.

Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita, dalam jumpa pers di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan selama Operasi Zebra di wilayah Polres Malang, tercatat sekitar 3.000 pelanggaran lalu lintas yang terjaring oleh petugas.

"Dalam serangkaian operasi tersebut, paling banyak ditemukan pelanggaran lalu lintas yang dapat dengan mudah terlihat oleh petugas," kata Agnis.

Dia menjelaskan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan tersebut mencakup berbagai aspek, namun didominasi oleh ketidaklengkapan standar kendaraan, tidak menggunakan helm, serta tidak lengkapnya surat-surat kendaraan.

Dari data yang dikumpulkan selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra, lanjutnya, pelanggaran yang paling mencolok adalah ketidaklengkapan standar kendaraan, seperti lampu tidak menyala, rem tidak berfungsi, dan perangkat keselamatan rusak.

"Selain itu, masih banyak pengendara tidak menggunakan helm, bahkan saat melintas di jalan raya ramai," tambah Agnis.

Satlantas Polres Malang juga mencatat bahwa mayoritas pelanggar lalu lintas yang terjaring selama Operasi Zebra tersebut berusia muda.

Hal itu lalu menjadi perhatian tersendiri bagi Polres Malang, karena menunjukkan rendahnya kesadaran keselamatan berlalu lintas di kalangan anak muda.

"Teguran kami lakukan menggunakan aplikasi Presisi, rata-rata berusia muda. Ini yang harus kami tekankan dan harus kita gerakkan kampanye keselamatan berlalu lintas," tuturnya.

Operasi Zebra merupakan salah satu upaya Polri dalam meningkatkan disiplin berlalu lintas dan kesadaran masyarakat terhadap aturan-aturan lalu lintas. Selama operasi tersebut, petugas melakukan penindakan secara ketat terhadap pelanggaran-pelanggaran lalu lintas.

"Selain itu, kami juga terus memberikan edukasi kepada para pengendara yang terjaring selama operasi," ujar Agnis.

Satlantas Polres Malang terus menguatkan pengawasan serta memberikan sanksi kepada pelanggar lalu lintas demi menciptakan kondisi lalu lintas lebih aman dan tertib di wilayah Kabupaten Malang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023