PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Pabrik Gula Rajawali I dan Pusat Koperasi Primer Tebu Rakyat (PKPTR) Kabupaten Malang wilayah kerja PG Krebet Baru, terkait pemanfaatan produk kredit untuk modal kerja budidaya tebu seluruh petani tebu.

"Dalam rangka memperluas rekanan dan mendukung ketahanan pangan di sektor industri gula, maka Bank Jatim hadir untuk memberikan kemudahan kepada para petani tebu dalam hal pembiayaan," kata Direktur Mikro, Ritel & Menengah Bank Jatim R Arief Wicaksono melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Selasa.

Skema kerja sama yang terjalin ini, yakni Bank Jatim sebagai pemberi kredit kepada PKPTR dan petani tebu rakyat binaan PT Pabrik Gula Rajawali I sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Perjanjian itu diharapkan mampu meningkatkan hasil dari sisi kuantitas maupun kualitas tebu.

"Sebenarnya, tujuan perjanjian ini adalah untuk memberikan fasilitas produk kredit dalam rangka budidaya tebu kepada petani untuk peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sektor perkebunan tebu rakyat. 

Baca juga: Bank Jatim jamin kemudahan layanan perbankan bagi PPPK melalui "JConnect"

Dia menyebut nilai kredit produktif untuk UMKM yang dikelola Bank Jatim sampai saat ini mencapai Rp13 miliar.

"Sampai dengan bulan ini kami sudah mengelola kredit UMKM sekitar Rp 13 triliun. Ini membuktikan bahwa kami memang sangat mendukung terhadap perkembangan UMKM," ucap dia.

Arief mengatakan pihaknya optimistis kerja sama ini akan mewujudkan kemudahan pelayanan yang aman dan nyaman bagi para petani tebu di Pabrik Gula Rajawali I.

"Sehingga para petani dapat lebih memaksimalkan potensi yang ada dan bisa lebih sejahtera tentunya," kata dia.

Direktur Utama PT Pabrik Gula Rajawali I Daniyanto menyambut baik kerja sama ini karena mampu mempermudah petani dalam hal pembiayaan.

Selain itu, diharapkan petani dapat menerima suatu nilai tambah yang dapat meningkatkan pendapatan. 

"Sehingga bisa mengoptimalkan produksi Gula di Jawa Timur dan puncaknya dapat mewujudkan Swasembada pangan nasional khususnya di sektor gula. Semoga ini awal yang baik untuk kerja sama ke depannya," kata dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023