Pejabat yang tergabung dalam forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, membagikan helm kepada sejumlah pengendara motor usai apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2023, Senin.

"Bagi-bagi helm ini sekaligus sosialisasi tentang pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023 kepada pengguna jalan," kata Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko di Sumenep.

Polres Sumenep menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2023 di halaman Satpas SIM setempat.

Apel tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah dan dihadiri oleh para pejabat forkopimda setempat.

Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko menjelaskan pihaknya mengedepankan kegiatan edukatif, preemtif, preventif serta humanis yang didukung penegakan hukum, baik secara elektronik maupun teguran selama masa pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023.

Dalam operasi kali ini, terdapat tujuh prioritas pelanggaran yang dapat dilakukan penindakan secara penegakan hukum (gakkum), tilang elektronik, maupun teguran.

Ketujuh pelanggaran itu, di antaranya pengendara atau pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara dalam pengaruh alkohol, pengendara atau pengemudi melawan arus, dan melebihi batas kecepatan.

"Mari disiplin dalam berlalu lintas demi keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Kenyamanan dan keselamatan berlalu lintas adalah harapan kita semua," demikian Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko.

Operasi Zebra serentak seluruh wilayah di Indonesia mulai hari ini, Senin 4-17 September 2023.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023