PT PLN (Persero) menjadikan desa tematik di Wotansari, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang berada di pinggir Waduk Citani sebagai kawasan percontohan program electrifying lifestyle.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gresik, Bustani Hadi Wijaya dalam keterangannya, Kamis, mengatakan dalam menjadikan desa tematik sebagai kawasan percontohan electrifying lifestyle, sejak Juli 2023 PLN secara bertahap memberikan bantuan elektrifikasi pasang baru, tambah daya, branding wisata, hingga kompor induksi untuk sentra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Bantuan kompor induksi dan lainnya yang diberikan ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ekonomi dan peningkatan pariwisata di sini. Begitu pula dengan acara konvoi kendaraan listrik kali ini agar meningkatkan awareness masyarakat tentang transisi energi," ujar Bustani.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo memaparkan di wilayah setempat terdapat delapan desa tematik yang akan terus bertambah.

Melalui program ini kawasan yang memiliki potensi di bidang pertanian, perikanan, pariwisata, UMKM akan diberikan elektrifikasi dan bantuan pemberdayaan untuk menggerakkan roda perekonomian.

"Kami berharap masyarakat bisa merasakan langsung kemudahan penggunaan kompor induksi dan kendaraan listrik. Semoga dengan pengalaman langsung masyarakat di Desa Tematik Wotansari dapat meningkatkan minat warga lainnya untuk segera beralih pula," kata Agus.

Camat Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Muhammad Amri menyambut baik kehadiran PLN untuk meningkatkan perekonomian warga.

"Terima kasih atas upaya PLN menumbuhkan wilayah kami ini menjadi sentra percontohan electrifying lifestyle semua serba listrik dengan bantuan sarana prasarana yang diberikan," ujarnya.

Dia berharap kawasan Waduk Citani, Desa Wotansari, mampu berkembang menjadi sentra wisata unggulan yang menunjang hidup UMKM.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023