PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo, Jawa Timur telah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) ultra fast charging mobil dan motor untuk pengisian daya listrik atau isi baterai kendaraan listrik.

Manajer UP3 Situbondo Suhandopo mengemukakan selain tersedia di Situbondo SPKLU pengisian cepat dengan kapasitas 200 kW juga tersedia di ULP Kabupaten Bondowoso yang juga masuk wilayah UP3 Situbondo.

"Kelebihan SPKLU ultra fast charging ini adalah pengisian daya yang lebih cepat dan tidak memakan waktu lama, sehingga pengisian tidak perlu menunggu," kata Suhandopo dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Menurut ia, penggunaan kendaraan listrik di Indonesia saat ini sudah menjadi ladang bisnis baru, bahkan menyentuh pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM, dan mereka bisa memanfaatkan fasilitas SPKLU dengan nyaman.

"Banyak para pelaku UMKM bisa memanfaatkan fasilitas ini karena selain lebih hemat juga kendaraan listrik ramah lingkungan," ujarnya.

Suhandopo menambahkan, masyarakat yang belum menggunakan kendaraan listrik agar menggunakan kendaraan listrik yang terbukti lebih hemat dan ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan polusi.

Sementara itu, Fathur Rozi, salah seorang pemilik sepeda listrik mengaku lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan kendaraan bahan bakar minyak atau BBM jenis pertalite maupun pertamax.

Kendaraan listrik ramah lingkungan dan dapat mengurangi emisi karbon bila dibandingkan kendaraan menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Selain ramah lingkungan juga lebih hemat, khusus motor listrik mampu menempuh jarak sejauh 60 kilometer, tapi tergantung kapasitas baterai di setiap jenis motor listrik.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi, punya tanggung jawab besar dalam melayani kelistrikan di Tanah Air.

Selaras dengan misi besarnya, untuk terus berkomitmen dan berinovasi menerangi dan menggerakkan negeri. PLN juga memiliki misi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, dan PLN bergerak menjadi pilihan nomor satu pelanggan untuk solusi energi.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023