PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun, menyebut jumlah penumpang di Stasiun Kediri selama libur sekolah 2023 naik signifikan yakni hingga hampir 2.000 orang, dibandingkan hari biasa yang rata-rata 1.200 orang per harinya.

"Di wilayah Daop 7 Madiun untuk kereta api jarak jauh, Kediri yang masih cukup signifikan (jumlah penumpang turun atau naik), karena ada pondok pesantren. Untuk Stasiun Madiun yang perjalanan ke arah Yogyakarta atau Solo," kata Manajer Humas Daop 7 Madiun Supriyanto saat dikonfirmasi, Sabtu. 

Ia mengatakan, selama libur panjang mulai 20 Juni 2023 hingga 13 Juli 2023 di Stasiun Kediri jumlah penumpang berangkat 21.854 orang dan penumpang yang datang 36.106 orang.

Secara global, kata dia, yang terdata di Daop 7 Madiun, jumlah penumpang yang naik dan turun pada momen libur sekolah sebanyak 353.060 penumpang. Jumlah tersebut terdiri dari 172.024 penumpang yang naik kereta api dan 181.036 orang turun. 

Kemudian, volume harian penumpang yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 7 Madiun rata-rata 7.168 penumpang atau meningkat 72 persen dibandingkan hari biasa saat tidak liburan sekolah sebanyak 4.159 penumpang.

Supriyanto mengatakan puncak tertinggi terjadi pada hari Minggu, 2 Juli 2023. Sebanyak 10.039 penumpang berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 7 Madiun, sedangkan puncak tertinggi kedatangan terjadi pada hari Selasa (27/6) sebanyak 10.632 penumpang.

Ia juga berterimakasih kepada para pelanggan kereta api yang menggunakan jasa angkutan kereta api selama masa libur sekolah. KAI senantiasa berkomitmen untuk memberikan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan full experience bagi para pelanggan.

Selain itu, KAI juga terus menghadirkan inovasi untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dalam menggunakan transportasi KA, seperti pemberian promo dan diskon, serta kemudahan dalam pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access serta kanal eksternal lainnya yang bekerja sama.

"Dengan terus dilakukannya peningkatan pelayanan perjalanan kereta api, diharapkan dapat meningkatkan animo dan antusias masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api sebagai pilihan utama dalam melakukan perjalanan yang aman, nyaman dan sehat," kata dia.

Ia pun mengatakan, masyarakat yang ingin bepergian dengan moda transportasi angkutan kereta api bisa memesan tiket 45 hari sebelum keberangkatan.

"Pemesanan tiket bisa H-45, baik melalui KAI Access atau kanal lainnya. Kami prediksi 14 Juli hingga 15 Juli 2023 ini masih tinggi penumpangnya. Mungkin saat libur sekolah masih mencari sekolahan atau kuliah atau yang menempuh SMA," kata dia. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023