Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan tes wawasan kebangsaan kepada para siswa-siswi jenjang SD Kelas 6, SMP, SMA/SMK Negeri dan Swasta di acara Pelatihan ESQ 165 di Kota Pahlawan, Jawa Timur, Selasa.

"Anak Indonesia, Arek Suroboyo harus memiliki jiwa pejuang. Nama-nama Pahlawan, lagu kebangsaan, dan Pancasila tidak boleh lupa," kata Eri Cahyadi saat memberikan motivasi dalam kegiatan Kelas Inspirasi dan Pelatihan ESQ 165 dengan tema "Bersama Membangun Masa Depan Yang Lebih Baik" di Surabaya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri memberikan hadiah berupa 10 sepeda kepada para siswa-siswi yang berhasil menjawab tes wawasan kebangsaan.

Wali Kota Eri mengaku, bahwa pemberian sepeda tersebut merupakan hadiah bagi anak-anak Kota Pahlawan yang telah berani untuk tampil di depan umum. Sebab, menurutnya, anak-anak Surabaya harus percaya diri, tidak boleh ragu ataupun takut salah.

"Pemberian sepeda tadi adalah reward (hadiah) dari saya, dimana anak Surabaya itu berani. Kalau sudah yakin dan tidak minder, maka dia bisa menjadi seorang pemimpin," ujarnya.

Meski demikian, ia mengaku bahwa Pemerintah Kota Surabaya akan terus memberikan pendampingan kepada para pelajar Surabaya.

Salah satunya saat libur sekolah saat ini melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Surabaya dengan memberikan Kelas Inspirasi dan Pelatihan ESQ 165 yang diikuti oleh 1.000 pelajar se-Surabaya.

"Semangat terus untuk anak-anak ku dalam menatap masa depan, karena kota dan bangsa ini membutuhkan calon pemimpin yang hebat dan penuh rasa gotong-royong," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar asal SMP Negeri 22 Surabaya, Altalitha Cyrilla Nathania menjadi salah satu penerima hadiah sepeda dari Wali Kota Eri Cahyadi yang berhasil menjawab tes Wawasan Kebangsaan dengan menyanyikan salah satu lagu Nasional.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi karena telah memfasilitasi Arek-Arek Suroboyo dalam mengikuti pembelajaran mengenai persoalan remaja, serta cara mengatasinya.

"Alhamdulillah, saya juga mendapat hadiah satu sepeda, terima kasih Bapak Eri Cahyadi dan Ibunda Rini Indriyani (istri wali kota Surabaya). Beliau telah memfasilitasi Arek-Arek Suroboyo mengikuti kegiatan ini. Tentunya ini memudahkan kami memahami persoalan remaja serta apa saja cara menanganinya," katanya.*

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023