Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berkolaborasi dengan Surabaya Dev berkolaborasi menggelar seminar untuk memberikan pemahaman tentang keamanan aplikasi web kepada mahasiswa.

"Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan berharga dan pengetahuan praktis di bidang pengembangan web menggunakan framework popular dan ideal," kata Kepala Program Studi Sistekin Untag Surabaya, Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT., CLA., usai seminar bertema Breaking the Barrier : Unleashing the Power of Fronted dan FullStack Web Development di Surabaya, Sabtu.

Lewat seminar tersebut, lanjut Supangat, Sistekin Untag Surabaya berupaya memberikan kesempatan berharga pada mahasiswa dan masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan web dan memperluas pengetahuan mereka tentang penggunaan framework.

"Acara ini menjadi platfrom yang bagus untuk memperluas jaringan dan berinteraksi dengan narasumber berpengalaman di industri. Peserta mendapatkan wawasan tentang tantangan dan peluang dalam karir di bidang pengembangan web," ujarnya.

Pemateri pertama, Arryangga Aliev Pratamaputra menjelaskan front end developer adalah salah satu bidang pekerjaan pemrograman yang bertanggung jawab atas bagian depan alias tampilan dari suatu website atau aplikasi.

"Seorang front end developer harus memahami bahasa pemrograman HTML (HyperText Markup Language), CSS (Cascading Style Sheet), dan JavaScript. Selain bahasa pemrograman, ada pula framework yang sering digunakan, yaitu React, Angular, atau Vue. Ketiga framework tersebut berguna untuk mengembangkan aplikasi web yang mudah dikelola dan terukur," ujar Arryangga.

Dalam pemaparannya, Antoni Putra yang menjadi pemateri kedua mengungkapkan Full Stack Developer merupakan sebuah profesi seseorang memiliki keahlian untuk memperbaiki front-end maupun back-end dari suatu aplikasi.

"Menjadi seseorang yang memiliki kemampuan di bidang Full Stack Developer akan memberikan nilai tambah di dunia kerja. Selain karena seorang Full Stack Developer dipercaya dapat menganalisa berbagai sisi bahasa pemrograman jika terjadi suatu masalah pada website maupun aplikasi, profesi ini juga terbilang tidak pasaran dan hanya segelintir orang yang mendalaminya," tuturnya.

Antoni juga menekankan pentingnya seorang Full Stack untuk memahami pentingnya kemampuan dan harus memahami front end dan back end.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023