Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya mengunjungi fasilitas Gas Metering Station (GMS) milik Husky-CNOOC Madura Limited (HCML), perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama minyak dan gas bumi, di Desa Semare, Kabupaten Pasuruan.

Manager Health, Safety, Security & Environment HCML, Rockyanto Sasabone dalam keterangan diterima di Surabaya, Sabtu, mengatakan total ada 105 mahasiswa Unair yang berkunjung ke fasilitas GMS pada 11-12 dan 16-17 Mei 2023.

"Dibagi dalam empat trip mahasiswa Program D-III Keselamatan dan Kesehatan Kerja, mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang berkunjung dan diperkenalkan dengan fasilitas tersebut," katanya.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari praktik kerja lapangan para mahasiswa untuk lebih mengenal industri migas, terutama terkait dengan aspek Keselamatan Kerja Migas.

"Kami ingin para mahasiswa lebih mengenal bagaimana industri migas secara langsung dengan melihat fasilitas produksi HCML, serta melihat secara langsung aspek-aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang diterapkan HCML. Pengenalan ini diharapkan membuat mahasiswa memahami betapa strategisnya industri migas di Indonesia," kata Rockyanto Sasabone.

GMS dibangun di atas lahan bekas tambak seluas dua hektare. Fasilitas ini berfungsi mengukur kuantitas besar gas alam yang diterima dari Lapangan BD, yakni sebuah sumur gas lepas pantai Madura milik HCML.

GMS juga mengecek kuantitas gas alam yang diterima perusahaan pemegang kontrak pembelian. Ada tiga perusahaan yang memiliki kontrak dengan HCML, yakni PT Perusahaan Gas Negara (PGN), PT Inti Alasindo Energy (IAE), dan PT Petrokimia Gresik.

Manager Regional Office & Relations HCML, Hamim Tohari mengatakan bahwa sebagai perwakilan di Jawa Timur, Departemen Regional Office & Relations HCML memfasilitasi kebutuhan mahasiswa fakultas Vokasi Unair untuk field trip ke GMS ini.

"Field Trip oleh mahasiswa sebagai salah satu wujud dari misi HCML yaitu To be a Good Neighbor to Local Community melalui sinergi dengan civitas academica terkemuka. Field trip ini mengajarkan ke mahasiswa K3 UNAIR tentang pentingnya keselamatan di lingkungan kerja HCML," tuturnya.

Hamim juga menjelaskan bahwa selain berkantor pusat di Jakarta, HCML juga memiliki kantor perwakilan di Surabaya sejak tahun 2012.

Business Support Specialist SKK Migas Jabanusa Amni Nadya mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi kuliah dan wawasan para mahasiswa serta akademisi tentang industri hulu migas , berbagi ilmu, teknologi, dan pengalaman mengenai industri ini.

"SKK Migas berharap dengan terlaksananya kegiatan field trip ini, para mahasiswa bisa mendapatkan pemahaman yang komprehensif, mampu menerapkan teori yang didapat secara langsung, dan juga meningkatkan motivasi mereka untuk mau memahami secara lebih luas lagi," ujar Amni Nadya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023