Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar sosialisasi Pemilu 2024 saat bersamaan dengan kegiatan "Car Free Day" (CFD) atau hari tanpa kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Raya Darmo, Kota Surabaya, Minggu.

"Sosialisasi ini dilakukan sebagai rangkaian Kirab Pemilu 2024, yang berlangsung di Kota Surabaya sejak sejak sepekan yang lalu," kata Anggota KPU Surabaya Subairi saat kirab.

Sosialisasi yang disambut antusias oleh warga Surabaya, terutama yang ada di arena CFD tersebut diwarnai dengan berbagai metode sosialisasi mulai dari senam bersama, flasmob jingle Pemilu 2024, gelar seni budaya musik patrol dan electone, maskot Sura dan Sulu, serta cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) daring.

Seluruh anggota PPK dan PPS dengan diiringi musik patrol melakukan jalan sehat sepanjang arena CFD, sekaligus membagi selebaran, bahan sosialisasi kepada pejalan kaki, yang di dalamnya berisi ajakan memilih dan gambar 18 partai politik

Pada selebaran juga tertulis ajakan mengajak warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu, 14 Februari 2024.

Subairi menyatakan sosialisasi di sepanjang CFD Jalan Raya Darmo merupakan rangkai kirab yang memasuki hari ke enam. Tujuannya, dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 nanti.

Dia menilai penting menyampaikan pada publik, seluruh lapisan masyarakat Surabaya bahwa Pemilu 2024 sudah di depan mata. Dari itu, sosialisasi secara masif dengan berbagai segmen perlu dilakukan.

"Salah satunya seperti yang dilaksanakan di hari minggu ini, bertepatan agenda CFD. Kami sosialisasikan Pemilu 2024, langsung kepada masyarakat," ujar Subairi yang juga Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Surabaya.

Pria yang akrab dipanggil Bairi itu menambahkan, dalam agenda sosialisasi di CFD juga melibatkan peran aktif dari masyarakat.

"Kami tidak hanya cukup sosialisasi, juga melakukan pendidikan pemilih. Tentunya agar menjadi pemilih cerdas dalam Pemilu 2024," kata Bairi.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023