Bakal calon legislatif dari Partai Golongan Karya (Golkar) diisi sebanyak 45,8 persen kader perempuan untuk tingkat DPRD tingkat provinsi yang akan berkontestasi di Pemilihan Umum 2024.

“Dari 120 bakal caleg yang kami daftarkan, hampir 50 persennya perempuan,” ujar Ketua DPD I Partai Golkar Jatim M. Sarmuji usai mendaftarkan bakal caleg di Kantor KPU Jatim di Surabaya, Minggu.

Pihaknya juga menempatkan kader-kader muda untuk ikut bersama-sama membangun bangsa melalui jalur politik, bahkan tercatat empat orang bacaleg berusia 22 tahun.

Selain kader milenial, komposisi bacaleg Golkar untuk DPRD Jatim diisi berbagai macam profesi, seperti kiai, ulama, akademisi, pengusaha, selebgram, youtuber dan kalangan lainnya.

Dari daftar petahana juga mayoritas kembali mengikuti kontestasi Pemilu 2024. Dari 13 nama anggota Fraksi Golkar DPRD Jatim, sebanyak 11 orang kembali terdaftar, sedangkan dua nama lainnya memilih maju berebut kursi DPR RI.

Disinggung terkait nama kepala daerah asal Golkar yang maju sebagai bacaleg, Sarmuji menyatakan tidak ada karena masih harus fokus memikirkan kabupaten/kota masing-masing.

“Mas Lindra Bupati Tuban dan Mas Adi Wibowo Wakil Wali Kota Pasuruan tidak mencalonkan agar bisa konsentrasi daerah. Kepala daerah harus mengutamakan pembangunan daerah, dibandingkan urusan pencalonan legislatif,” ucapnya.

Sementara itu, terkait target kursi di DPRD Jatim periode 2024-2029, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut berharap partainya meraih 20 kursi atau naik dibandingkan hasil Pemilu 2019 yang hanya mendapat 13 kursi.

"Kalau komposisinya seperti sekarang ini, kami yakin target tersebut terwujud," katanya didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Golkar Jatim Hery Soegihono.

Pada kesempatan tersebut, rombongan pengurus mendaftarkan bacalegnya dengan iring-iringan Reog Ponorogo serta musik hadrah.

Turut hadir puluhan bacaleg, pengurus hingga simpatisan mengantarkan proses pendaftaran.

Di sisi lain, hari ini merupakan kesempatan terakhir bagi 18 partai politik mendaftarkan bakal calegnya, terutama di tingkat DPRD Provinsi Jatim.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam menyampaikan, pendaftaran dibuka sejak 1 Mei 2023 dan berakhir pada 14 Mei 2023 yang ditutup pada pukul 23.59 WIB.

“Hingga sehari menjelang hari H penutupan atau Jumat (13/5), total sembilan parpol sudah menyerahkan daftar bacalegnya. Khusus hari ini seharusnya ada sembilan parpol lagi, dan kami tunggu sampai tepat tengah malam nanti,” tutur Cak Anam, sapaan akrabnya.

Pemilihan Umum Legislatif digelar 14 Februari 2024 yang memilih Anggota DPRD tingkat II (kabupaten/kota), DPRD tingkat I (provinsi), DPR RI serta DPD RI.

Di hari sama juga dilakukan Pemilihan Presiden RI untuk periode 2024-2029.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023