Sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bidang kuliner di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mendapat pelatihan fotografi untuk memotret produk makanannya sebagai upaya peningkatan promosi dan penjualan secara digital.

Pelatihan fotografi tersebut digelar atas kerja sama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Magetan bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Magetan.

"Dalam kegiatan ini dipraktikkan langsung bagaimana mengambil gambar produk melalui mini studio. Antusias pelaku UMKM sangat tinggi," ujar pemateri dari Relawan TIK, Mas Murdianto di Magetan, Sabtu (13/5).

Beberapa peserta meskipun sudah berumur, namun tetap antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pelatihan diikuti oleh puluhan pelaku UMKM, di antaranya adalah pengusaha Djamon Jahe Merah Instan, Keripik Pisang Koenyil, H & G Keripik Tempe, dan Kasih BB Tempe Keripik.

Baca juga: Rutan Trenggalek bekali warga binaan kelola UKM mandiri

Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapat ilmu tentang teknik mengambil dan mengolah gambar, serta mendesain kemasan suatu produk agar menarik bagi konsumen.

Selain itu Murdianto juga membagikan tips dan trik tentang bagaimana memilih kemasan yang baik.

Salah satu peserta, yakni pemilik usaha Aneka Keripik Konyil, Kartini mengatakan pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi pemasaran digital produknya. Terlebih di era saat ini, penjualan secara digital telah maju.

"Pelatihan ini sangat membantu terutama untuk promosi kemasan. Hal itu penting karena untuk menarik pasar. Kemasan harus tepat pasar, tepat jualan, sehingga usaha semakin meningkat dan lancar," kata Kartini.

Ia berharap pelatihan serupa sering digelar, sehingga pelaku UMKM juga memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan promosi dan penjualan secara digital.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023