Petugas Kepolisian Resor Mojokerto Kota melakukan patroli keliling perumahan di daerah ini untuk memastikan keamanan rumah warga yang akan ditinggal mudik  Lebaran 2023.

Kepala Kepolisian Resor Mojokerto Kota AKBP Wiwit Adisatria di Mojokerto, Kamis, mengatakan petugas Satgas Preventif Operasi Ketupat Semeru 2023 Polresta Mojokerto melaksanakan patroli perumahan warga yang ditinggal mudik Lebaran 2023.

"Patroli dilakukan di Perumahan Tri Tungga Dewi Residence, Kelurahan Kedungsari, Magersari, Kota Mojokerto," ucapnya.

Ia mengatakan patroli tersebut dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat.

Dengan menggunakan kendaraan patroli, katanya, petugas memberikan pesan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap tindak premanisme, aksi terorisme, dan mengimbau agar saling berkoordinasi dalam menjaga keamanan.

Menurut dia, perjalanan mudik warga agar aman dan tenang, petugas memberikan tips kepada pemudik di antaranya melapor ke RT atau RW bila akan mudik.

"Jika memiliki binatang peliharaan sebaiknya dititipkan, menyimpan barang berharga, dan dokumen di tempat aman, memastikan semua pintu, dan jendela dalam keadaan terkunci, serta memastikan kendaraan yang digunakan mudik dalam keadaan prima," ucap dia.

Hal ini, katanya, dilakukan untuk mencegah pencuri beraksi di rumah warga yang kosong karena mudik ke kampung halaman.

Ia mengimbau warga segera melaporkan kepada kepolisian apabila mengetahui atau memperoleh informasi adanya indikasi aktivitas yang mencurigakan melalui Call Center 110.

"Patroli ini dilakukan selama arus mudik hingga arus balik Lebaran 2023 selesai. Selain mengontrol kamtibmas, patroli dilakukan untuk mengecek rumah warga yang ditinggal pemudik," katanya.

Ia mengimbau tetangga warga yang mudik untuk membantu mengecek rumah warga yang mudik. Polisi melibatkan warga sekitar atau kompleks perumahan agar keamanan tetap terjaga saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023