Pemerintah Kota Malang menggelar operasi penataan parkir di wilayah setempat dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya pada saat memarkir kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaja Saleh Putra di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, mengatakan bahwa operasi yang diberi nama Tertib Parkir atau Tepak tersebut, dilakukan di sejumlah titik di wilayah Kota Malang bersama personel gabungan.

"Dalam Operasi Tepak, target kami tidak hanya melakukan penindakan, tetapi juga memberikan pendekatan persuasif, baik bagi jukir (juru parkir) maupun pengendara agar disiplin," kata Widjaja.

Widjaja menjelaskan pelaksanaan Operasi Tepak tersebut, akan dilakukan selama April 2023, bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Ia berharap kesadaran masyarakat, termasuk para juru parkir.

Menurutnya, para juru parkir Dinas Perhubungan yang bertugas di wilayah Kota Malang diminta memberikan pelayanan terbaik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ia berharap semua elemen yang ada, mulai dari masyarakat hingga para juru parkir tertib mengikuti aturan.

"Kami ajak semua pihak untuk makin tertib. Juru parkir juga mohon layani dengan baik dan sesuai ketentuan. Kalau semua tertib, lalu lintas lancar," katanya.

Sejumlah lokasi menjadi sasaran petugas dalam dua hari pertama pelaksanaan Operasi Tepak Ramadhan adalah area sekitar Terminal Arjosari, fly over Arjosari, Jalan Pattimura, Jalan Trunojoyo, Jalan Sultan Agung, Pasar Besar, dan Jalan Merdeka.

Petugas juga melakukan penggembokan pada sejumlah kendaraan roda empat yang ditemukan melanggar ketentuan parkir. Di antaranya empat kendaraan di Jalan Pattimura, tiga kendaraan di Jalan Arjuno, dua di Jalan Merdeka dan satu kendaraan di Jalan Trunojoyo.

Ia menambahkan pelaksanaan Operasi Tepak akan dilakukan secara proporsional, termasuk memberikan edukasi kepada para pengguna kendaraan bermotor yang melakukan parkir. Selain itu, juga akan dilakukan penegakan hukum jika didapati adanya pelanggaran

"Pelaksanaan Operasi Tepak dilakukan secara proporsional, kami lakukan edukasi dan juga penegakan hukumnya," ujarnya.

Di wilayah Kota Malang, sejumlah titik parkir yang berada di tepi jalan kerap kali menjadi salah satu penyebab kemacetan, khususnya pada saat akhir pekan. Pemerintah Kota Malang saat ini berupaya untuk melakukan penataan agar tidak ada lagi kemacetan akibat parkir.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023