Pemerintah Kabupaten Trenggalek membagikan 100 nasi kotak gratis untuk warga Muslim sebagai menu berbuka puasa di bulan Ramadhan, Rabu.

Kegiatan yang digelar di tepi jalan depan Pendopo Manggala Praja Nugraha itupun mendapat sambutan antusias masyarakat.

Sejak pembagian nasi kotak gratis dibuka pada pukul 17.00 WIB, puluhan warga segera berebut antrean. Tak sampai 30 menit nasi kotak gratis itupun ludes dibagikan kepada masyarakat.

Makanan 100 kotak nasi ayam gratis itu rupanya merupakan produk dari Yayasan Naeema, sebuah yayasan penyandang disabilitas di Kota Trenggalek.

Makanan itu disediakan secara gratis atas permintaan Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin dan Ketua TP-PKK Trenggalek Novita Hardini.

"Beliau selama Ramadhan, tiap hari pesan 100 nasi kotak kepada kami yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebetulnya harapan beliau tidak hanya kami, tapi siapa saja yang mau donatur dipersilahkan ditaruh di meja (lokasi pembagian) ini," kata Ketua Yayasan Naeema, Taryaningsih.

Tarya sapaan akrabnya mengatakan, selain sebagai bentuk ibadah di bulan suci dengan berbagi, pemesanan makanan di yayasan itu sekaligus sebagai wujud pemberdayaan penyandang disabilitas.

Sebab secara tidak langsung mereka akan dilatih keterampilan, diantaranya adalah memasak. Harapannya mereka semakin terampil dan nantinya dapat berkarya mandiri.

Pembagian nasi kotak gratis ini rutin digelar Pemkab Trenggalek dengan memberdayakan kelompok swadaya, kelompok ibu-ibu serta pelaku UKM setempat.

Selain bertujuan memeriahkan semarak Ramadhan, pembagian menu berbuka itu menjadi bagian dari syiar Islam melalui sedekah makanan.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023