Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila (PP) gencarkan aksi sosial di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

"Salah satu aksi sosial yang digelar SAPMA PP Jatim di awal 2023 adalah kegiatan Jumat Berkah Ber-SAPMA yang digelar di 12 titik kabupaten/kota," kata Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Jatim Arderio Hukom dalam keterangan tertulis di Surabaya, Sabtu.

Adapun 12 titik tersebut di antaranya Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kabupaten Madiun, Kabupaten Sampang, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, dan Kabupaten Tulungagung.

Menurut dia, untuk aksi sosial di Surabaya dilakukan kader SAPMA PP Surabaya dengan cara membagikan nasi kotak pada jamaah sholat Jumat di Masjid Kampus C Universitas Airlangga (Unair).

Tidak hanya itu, lata dia, kader SAPMA PP Jatim juga mengajak Jamaah Sholat Jumat di Masjid At-Taqwa Sambikerep, Surabaya untuk makan siang bareng Bakso dan Mie Ayam. 

Baca juga: PTPN dan KAI ajak pelajar SD dan SMP Banyuwangi jaga lingkungan

"Mereka juga melakukan kerja bakti membersihkan masjid selepas Sholat Jumat," kata Arderio.

Arderio mengatakan hal serupa juga dilakukan oleh kader-kader SAPMA PP kabupaten/kota di 11 titik lain se-Jawa Timur.

Selain sebagai tindak lanjut aksi sosial SAPMA PP Jatim, kata dia, hal itu juga wujud keprihatinan terhadap menurunnya kepekaan sosial pemuda dewasa ini. 

Hal ini berakibat semakin maraknya pemuda yang lebih senang mempertontonkan perilaku kekerasan, pamer harta, hingga perilaku hedonisme dari pada membantu sesama dan melakukan aksi sosial lain.

"Kegiatan di 12 titik ini mendapat banyak apresiasi terutama dari masyarakat sekitar. Kami berharap agenda ini dapat berlangsung terus-menerus secara berkelanjutan," kata dia.


 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023