RSUD Besuki Situbondo bekerja sama dengan Klinik Mata Tritya Surabaya kembali menggelar bakti sosial operasi mata katarak gratis melalui program Gebrak Bersinar yang merupakan gerakan penanggulangan kebutaan nasional tahun 2023.

Selain operasi mata katarak, bakti sosial ini juga melayani tumbuhnya selaput pada bagian putih bola mata atau peterygium. Tahun sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan RSUD Besuki, dan masyarakat hanya cukup menunjukkan KTP untuk mendapatkan layanan kesehatan mata.

"Sesuai dengan arahan Pak Bupati (Karna Suswandi) masyarakat yang punya keluhan kesehatan mata hanya cukup menunjukkan KTP dan mendapat pelayanan operasi mata katarak gratis," ujar Direktur RSUD Besuki Situbondo, dr. Imam Hariyono kepada wartawan di Situbondo, Selasa.

Menurut dia, pelaksanaan operasi mata katarak ini dilakukan oleh dokter ahli yang dipimpin oleh dr. Armanto Sp.M beserta tim, dan didukung juga dengan peralatan canggih dan terbaru, seperti mesin phaco emulsifikasi dan lensa dengan kualitas terbaik.

"Sehingga akan mempercepat proses pelaksanaan operasi, penyembuhan usai operasi, juga meminimalisir komplikasi dan hasil optimal akan dirasakan oleh masyarakat," tutur Dokter Imam.

Dia mengungkapkan pada tahun 2022 RSUD Besuki bekerja sama dengan Klinik Mata Tritya Surabaya, sukses melaksanakan operasi mata katarak sebanyak 500 orang pasien.

"Alhamdulillah semua operasi berjalan lancar dan baik serta tidak ada keluhan dari pasien," kata dia.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program operasi mata katarak gratis bisa mendaftarkan diri ke puskesmas setempat atau langsung mendaftarkan diri ke RSUD Besuki.

"Jadwal skrining pada 10 Maret 2023, pelaksanaan operasi tanggal 11 Maret 2023 dan kontrol usai operasi tanggal 12 Maret di RSUD Besuki," ujar Dokter Imam.

Dia menambahkan, kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis ini diharapkan di Kabupaten Situbondo bebas katarak.

"Semoga dengan bakti sosial ini masyarakat dapat kembali bisa beraktivitas," ucapnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023