Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia berkomitmen mendukung ketahanan pangan tanah air dengan menggencarkan pemberian bibit padi dan jagung kepada para petani di Bojonegoro. 
 
Koordinator Wilayah (Korwil) Kowarteg Jatim Kiki Kurniawan, dalam siaran persnya, yang di terima di Surabaya, Senin, mengatakan dipilihnya wilayah Kelurahan Alasgung, Sugiwaras, Bojonegoro, karena potensi pertanian di kawasan tersebut cukup besar sehingga perlu terus dikembangkan. 
 
"Karena Potensi pertaniannya sangat luar biasa. Kami berharap ketahanan pangan di sini dapat terjaga. Karena lumbung padi seperti ini harus dijaga," ujarnya.
 
Dengan pemberian bibit padi dan jagung sebanyak 30 karung tersebut, pihaknya berharap petani di daerah tersebut makin bersemangat dalam bertani sehingga hasil produksinya makin meningkat.
 
"Kami berharap petani di Alasgung makin maju, profesional, dan sejahtera tentunya," ucapnya.
 
Selain itu, Kowarteg Indonesia juga berencana melakukan aksi bagi-bagi bibit ke beberapa kelompok tani di Jatim.
 
Sementara itu, Ketua Paguyuban Petani Alasgung Sutomo bersyukur kelompok taninya mendapat perhatian khusus dari Kowarteg Indonesia.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kowarteg atas pemberian bibit padi dan jagung ini," katanya.
 
Menurut dia, keuntungan yang didapat bagi para petani setelah menerima bantuan bibit tersebut.
 
"Jika sudah ditanam, per kilo bibit jagung bisa menghasilkan 1 kuintal. Jadi, itu keuntungannya. Kalau padi, 20 kilogram bibit bisa memproduksi 2 ton beras," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023