Pemerintah Kabupaten Kediri menggandeng Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai mitra pembangunan memperbaiki kurikulum pendidikan di kabupaten setempat sehingga kualitasnya menjadi lebih baik lagi.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, di Kediri, Kamis, mengemukakan banyak tantangan pendidikan ke depannya termasuk sistem zonasi.

"Tantangan ke depan akan semakin banyak, tidak mungkin kalau tidak dipersiapkan mulai dari SDM-nya," katanya.

Bupati menegaskan perlu adanya peningkatan kualitas guru di Kabupaten Kediri di era merdeka belajar saat ini. Untuk itu, adanya kolaborasi ini tentunya memberikan dampak yang cukup baik bagi perbaikan sumber daya manusia.

"Kami ingin berkolaborasi, bersinergi bagaimana mengupgrade tenaga pendidik," kata dia.

Sementara itu, jumlah guru di Kabupaten Kediri untuk tingkat SD sebanyak 5.492 dan tingkat SMP sebanyak 2604 pendidik atau tenaga kependidikan. Beberapa materi yang akan diusulkan dalam program ini selain peningkatan kualitas guru, juga pendirian sekolah baru.

Senior Director PSF Elan Merdy saat di Kediri mengatakan tentang beberapa program yang telah dijalankan.

Program sebelumnya adalah pemberian beasiswa, namun saat ini PSF juga membangun sekolah yang dikenal dengan sebutan Lighthouse School Program (LSP).

Sekolah berasrama itu ada di antaranya Palembang, Malang, Bali Mandara dan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Dibangunnya sekolah berkualitas internasional itu salah satunya menyikapi tren murid yang migrasi ke sekolah yang ada di kota lain.

"Sekolah ini tidak hanya melahirkan murid-murid terbaik tapi juga guru-guru, menjadi tempat pelatihan guru-guru, karena dari kabupaten lain melatih gurunya juga di situ," kata Elan.

Selain itu, beberapa program lain salah satunya Teacher Learning Center (TLC) yakni program percepatan pelatihan bagi guru. Jika PSF mendirikan sekolah di Kabupaten Kediri, ditekankan guru yang bisa mengajar hanya mereka yang lolos tes.

Sementara itu, Head of Development and Program Putera Sampoerna Foundation Juliana menambahkan, pihaknya telah berkomitmen bersama BPPMP dan Kementerian Pendidikan untuk memajukan setiap daerah terkait Implementasi Kurikulum Merdeka.

"Salah satu upaya adalah dengan meningkatkan kualitas guru sebagai tenaga pendidik," kata dia.
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023