Berbagai macam kuliner memang tidak ada habisnya untuk dilakukan inovasi. Salah satunya seperti onde-onde. Jajanan berbalut wijen ini memang banyak variannya.
 
Terbaru varian onde-onde isi telur asin diciptakan untuk menambah cita rasa jajanan yang dikenal dengan baluran wijen ini.
 
Makanan khas Indonesia berbentuk bulat, dalamnya berisi cacahan kacang hijau dan bertabur gurihnya wijen di bagian luar. Jajanan bercita rasa manis ini menjadi favorit banyak kalangan.
 
Di kedai Dimsum Ayam Gala Sidoarjo, ada onde-onde berisi telur asin yang lumer. Tidak jauh berbeda dengan onde-onde pada umumnya, yang bertabur wijen di bagian luar.
 
Rasa manis gurih kulit onde-onde berpadu dengan isian telur asin yang lumer, membuat lidah seakan tak bisa berhenti menikmati jajanan tersebut.
 
Ide jajanan unik tersebut muncul dari Adam Andi Ramadhan, Kepala Chef Kedai Pak Cik Abin Sidoarjo.
 
"Awalnya iseng membuat resep makanan yang unik dan berbeda dari biasanya. Saya iseng bikin lalu saya tester kan ke pelanggan ternyata enak banyak yang suka. Akhirnya terciptalah makanan ini," ucap Adam saat ditemui di Kedai yang berlokasi di Jl. KH Ali Masud C1, Sidoarjo.
 
Cara membuat jajanan ini tidak jauh berbeda dengan onde-onde pada umumnya. Hanya saja, proses mengolah isian telur asin yang sedikit berbeda.
 
Ia mengatakan, telur asin hanya diambil kuningnya saja kemudian dicampur dengan sedikit tepung, gula merah, dan bumbu lainnya lalu dimasak dan dimasukkan ke dalam onde-onde. 
 
"Jadi nggak pure telur asin, kita olah dulu. Kalau digigit itu biar ada sensasinya, taste-nya biar beda lah, lumer di mulut," katanya.
 
Untuk menikmati satu porsi onde-onde telur asin, pengunjung cukup merogoh kantong Rp22 ribu per porsi. Satu porsi onde-onde telur asin berisi dua butir.
 
"Dalam sehari, onde-onde telur asin bisa terjual sekitar 30 hingga 40 porsi. Tapi kalau akhir pekan bisa sampai 50 porsi terjual sehari," kata Adam.
 
Onde-onde isi telur asin di Sidoarjo. ANTARA /Indra Setiawan

Selain onde-onde telur asin, kedai yang masih satu manajemen dengan Pakcik Abin Sidoarjo ini juga menyediakan menu mie lamian dengan berbagai macam varian.
 
Satria salah satu pengunjung Dimsum Ayam Gala Sidoarjo mengatakan, telur asin merupakan menu favoritnya sejak kecil. Begitu tahu di sini ada onde-onde telur asin, ia langsung mencobanya.
 
"Baru pertama kali ini saya menemukan onde-onde telur asin. Rasanya unik melting di lidah. Harganya juga terjangkau sesuai dengan rasanya," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023