Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyelesaikan pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Kraton Kecamatan Krian dan Desa Kemangsen Kecamatan Balongbendo.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali di Sidoarjo, Kamis, mengatakan sebelumnya jembatan tersebut hanya dapat dilewati satu kendaraan saja, tetapi setelah diperbaiki menjadi lebih lebar.
 
"Jembatan yang dibangun di atas saluran sekunder Mangetan Kanal Desa Kraton Kecamatan Krian tersebut sekarang memiliki lebar empat meter dengan panjang 25 meter," katanya.
 
Ia menyampaikan pembangunan jembatan di tahun 2022 tersebar di beberapa kecamatan salah satunya di Kecamatan Krian untuk memperlancar aktivitas ekonomi masyarakat.
 
"Proyek peningkatan ini untuk memperlancar mobilitas warga, seperti jembatan yang menghubungkan Desa Kraton Krian dan Desa Kemangsen Balongbendo ini sekarang bisa dilalui dua kendaraan, sebelumnya jembatan itu hanya bisa dilalui satu saja kendaraan roda empat," ujarnya.
 
Sementara itu, warga Kraton Afidon Hariri bersyukur jembatan tersebut dapat diperbaiki dan selesai tahun ini karena untuk melebarkan jembatan itu sudah lama dinanti.
 
Kini, kata dia, warga sudah tidak lagi bergantian untuk melintasi jembatan sehingga mobilitas warga menjadi terbantu dengan baik.
 
"Sebelumnya jembatan ini terbuat dari bambu, kemudian dibangun dengan beton tapi hanya cukup buat sepeda motor," ujarnya.
 
Afidon mengatakan, keberadaan jembatan tersebut sangat dibutuhkan karena menjadi penghubung warga desa lain yang ingin mempersingkat waktu menempuh perjalanan.
 
Selain menjadi akses warga Kraton yang mengantarkan anaknya bersekolah di SMPN 1 Kemangsen, juga menjadi akses jalan warga desa berangkat kerja ke wilayah Gresik.
 
"Keberadaan jembatan ini sangat membantu aktivitas warga yang ingin mengantarkan anaknya sekolah dan warga yang akan berangkat bekerja di wilayah Griyo Gresik," tutur Afidon.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023