Pemerintah Kabupaten Kediri meminta sekretaris daerah yang baru Mohamad Solikin untuk fokus membantu melaksanakan anggaran untuk skala prioritas 2023.

"Karena ini awal tahun, anggaran agar segera disiapkan untuk pelaksanaan anggaran 2023 dengan beberapa prioritas yang telah direncanakan sebelumnya," kata Solikin di Kediri, Jawa Timur, Kamis.

Ia menambahkan, beberapa program prioritas tersebut mulai dari bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Khusus untuk bidang infrastruktur di antaranya adalah akses jalan dan jembatan untuk mendukung keberadaan bandara di Kabupaten Kediri. 

Dirinya mengatakan, keberadaan bandara dan jalan tol di Kabupaten Kediri tentunya akan memberikan dampak signifikan bagi kota dan kabupaten sekitar. Terlebih lagi di untuk Kabupaten Kediri yang wilayahnya menjadi lokasi pembangunan bandara dan dilewati jalan tol.

Keberadaan dua proyek tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah daerah pada 2023 ini untuk menyiapkan masyarakat supaya nantinya tidak hanya menjadi penonton. 

Sehingga, diharapkan adanya bandara dan jalan tol memberikan dampak positif dan manfaat bagi masyarakat di kabupaten Kediri.

"Karena ada dua proyek nasional bandara dan jalan tol, Mas Bup (Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana) meminta itu menjadi prioritas. Kami harus bisa menyambut, masyarakat jangan sampai tertinggal," ujar dia. 

Pemerintah Kabupaten Kediri melakukan mutasi dan pelantikan 197 pejabat struktural dan satu pejabat direktur Bank Daerah. Pelantikan itu dilakukan setelah adanya perubahan susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) baru. 

Sebelumnya, untuk posisi Sekda dijabat oleh Pj Sekda Kabupaten Kediri yakni Adi Suwignyo yang juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat.

Dengan sudah dilantiknya Sekda baru maka Adi Suwignyo kembali fokus pada tugasnya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa mengatakan pejabat yang baru saja dilantik tersebut diharapkan dapat cepat menyesuaikan dengan tempat kerja yang baru, memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. 

"Kami harus memberikan pelayanan prima dan harus melayani dengan ikhlas, senang, dengan ramah," kata Dewi. 
 
Pihaknya berharap dengan adanya perubahan nomenklatur serta jabatan baru ini, ASN dapat terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

"Dengan posisi yang baru semoga bisa terus termotivasi untuk melayani masyarakat demi kemajuan Kabupaten Kediri," tuturnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023