Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu, melantik sebanyak 85 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas sebagai penyelenggara pemilihan umum serentak 2024 di tingkat kecamatan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah puluhan panitia pemilihan tingkat kecamatan berlangsung di Aula Pemkab Situbondo ini dihadiri oleh Bupati Karna Suswandi, Wakil Bupati Khoirani, dan Sekda Wawan Setiawan.

"Alhamdulillah hari ini kami bahagia, karena sudah ada penyelenggara di tingkat kecamatan yang dapat membantu penyelenggaraan tahapan Pemilu serentak 2024," kata Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Marwoto dalam sambutannya usai melantik dan mengambil sumpah puluhan PPK.

Dia menyebutkan, dari 85 orang PPK yang dilantik itu, 22 orang di antaranya adalah kaum perempuan sesuai perintah Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan.

Marwoto menyampaikan, bahwa pemilu serentak tahun depan berbeda dengan pemilu sebelumnya, karena dalam pelaksanaan pemilihan DPR RI, DPD, DPRD dan pemilihan gubernur, bupati/walikota dilaksanakan secara serentak.

"Jadi pemilu serentak 2024 istimewa. Dan membutuhkan kompetensi yang luar biasa, sehingga bisa menyelenggarakan pemilu/pemilihan dengan sebaik-baiknya," ujar dia.

Marwoto juga berpesan kepada PPK yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, itu agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menjaga nama baik KPU, dan menyukseskan Pemilu serentak 2024.

"Kuncinya satu, yakni integritas. Saya titip juga bekerja sama dengan panwaslu di tingkat kecamatan, karena kesuksesan itu perlu sinergitas  yang baik. Silaturahim ke Forum Koordinasi Kecamatan dan tokoh  agama, tokoh masyarakat. Pahami kondisi geografis dan kuatkan telaah dan kajian-kajian selama bertugas," kata Marwoto.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan selamat kepada Panitia Pemilihan Kecamatan yang baru saja dilantik.

Bung Karna, sapaan bupati, berharap PPK dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan berpedoman pada aturan, mewujudkan pemilu langsung, umum, bebas dan rahasia sehingga penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan sukses.

"Mudah-mudahan dapat melaksanakan amanah yang dibebankan dengan sebaik-baiknya dan pemilu berlangsung lancar dan sukses," kata bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karna Suswandi juga meminta Sekda Wawan Setiawan agar segera membuat Surat Edaran (SE) kepada seluruh Camat agar menyediakan kantor sekretariat yang layak bagi petugas PPK. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023