Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengajak kepada generasi muda setempat untuk mencari peluang bisnis melalui pemanfaatan kecanggihan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).
 
Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron dalam keterangan pers, Kamis, mengatakan di era serba digital, generasi muda sangat berpeluang menjadi pelopor pembangunan.
 
"Peran pemuda di era digital juga harus menjadi agen perubahan di desa," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pemuda-pemudi dapat lebih mandiri secara finansial sebagai pendorong sekaligus penyemangat bagi masyarakat dalam menciptakan bisnis rintisan.
 
Caranya pun, kata dia, sangat sederhana, yakni dengan cukup dilakukan melalui gawai masing-masing.
 
"Pemuda harus punya inisiatif dan prakarsa. Saya tidak yakin, generasi millenial Z. Identitas pribadi harus tampak. Kalau bergerak pasti akan menemukan sesuatu yang manfaat. Makanya dimana ada orang berkumpul, maka ada peluang bisnis," ucapnya.
 
Gus Mujib, sapaan akrabnya, menitipkan beberapa pesan kepada seluruh pemuda-pemudi di Kabupaten Pasuruan terutama karakter pembaharu dan penggerak bagi lingkungan sekitarnya agar lebih kreatif dan inovatif. Sehingga, ke depannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.
 
"Pemuda harus bergerak, keluar dari rumah untuk mencari rejeki yang halal. Tapi tidak harus keluar dari desa. Sebab 70 persen terdiri dari desa dengan sumber daya manusianya yang melimpah," kata dia.
 
Ia mengatakan, banyak program-program pelatihan dari Pemkab Pasuruan yang bisa dimanfaatkan atau bisa juga memanfaatkan media dalam jaringan Pemkab Pasuruan di masing-masing lamannya untuk mengakses beragam informasi tentang bermacam peningkatan kapasitas sumber daya manusia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasuruan Taufikhul Ghony menambahkan banyak pelatihan yang dapat diikuti oleh masyarakat, khususnya generasi muda usia angkatan kerja produktif.
 
“Kami ada program pemuda pelopor pembangunan. Juga program kegiatan yang melibatkan pemuda melalui jargon seperti Pelasan, Perwira. Artinya pelatihan-pelatihan dari dinas-dinas terus dilakukan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022