Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M Sarmuji  bertakziah ke kediaman tiga korban bencana longsor di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung.

Bencana  tersebut menelan tiga korban jiwa, masing-masing adalah Darmani, Kirno dan Mulyoto, 

Ketua DPD Golkar Jawa Timur itu juga memberikan sejumlah paket sembako untuk warga Desa Nyawangan yang terdampak longsor.

"Kami atas nama Golkar Jawa Timur berbela sungkawa atas korban tanah longsor yang terjadi di Desa Nyawangan, Sendang, Tulungagung. Semoga para korban husnul khatimah," kata Sarmuji melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Senin.

Menurutnya kondisi permukiman di Desa Nyawangan, khususnya wilayah Dusun Bantengan, tergolong mengkhawatirkan. Banyak rumah di pinggir tebing yang hanya diperkuat oleh tanaman bambu.

"Tentu berisiko terjadi longsor jika turun hujan deras," ujar Sarmuji.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Tulungagung KH Asmungi Zaini menyatakan telah menyiapkan beasiswa untuk anak-anak korban bencana.

Salah satunya beasiswa telah disiapkan untuk anak korban almarhum Mulyoto yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Untuk meringankan beban dan sebagai bentuk peduli kami, jika ananda bersedia maka setelah lulus SD nanti bisa mendapatkan beasiswa masuk pondok pesantren Miftahul Ulum hingga lulus SMA," kata KH Asmungi Zaini.

Bencana longsor di Desa Nyawangan dipicu hujan deras yang menguyur sejak tanggal 23 Oktober sore hari. Mulyoto pada sore hari itu diketahui menjadi korban pada sekitar pukul 16.00 WIB saat kerja bakti membersihkan longsor pertama yang menutup jalan desa.

"Terima kasih atas bantuan beasiswa ini. Semoga nanti ananda bersedia untuk melanjutkan sekolah di pesantren," ucap istri Mulyoto.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022