Sebanyak 32 tim melaju ke babak final provinsi Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournamen City Selection Malang bola basket usia 18-23 tahun, dengan menyisihkan sejumlah lawan pada pertandingan yang digelar di Kota Malang.

Project Director Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament Chaerul Anwar Azis di Kota Malang, Jumat malam, mengatakan bahwa ia memberikan apresiasi kepada tim asal Kota Malang yang melaju pada babak final provinsi tersebut.

"Kami salut dengan perjuangan tim asal Malang untuk menjadi yang terbaik di City Selection. Sampai jumpa di Surabaya untuk perebutkan tiket Grand Final," kata Chaerul.

Chaerul menjelaskan, sebanyak 32 tim bola basket yang berhak melaju ke babak final provinsi tersebut adalah dari kelompok umur U-18 putri, tim SMAN 4 Malang Team Satu, SMA Selamat Pagi Indonesia, SMAN 1 Grati, dan VOC 3/SMKN 3 Malang.

"Kemudian, SMAN 1 Malang, SMA Katolik Santa Maria, SMKN 1 Malang, Kalam Kudus Team 3," katanya.

Sementara untuk kategori U-18 putra, tim yang lolos adalah SMA Kolese Santo Yusup A, SMAN 5 Malang, SMAK Santa Maria Malang A, SMA Kalam Kudus D, SMA Selamat Pagi Indonesia, SMA Kolese Santo Yusup E, SMA Kalam Kudus B, SMA Kolese Santo Yusup F.

Untuk kategori U-23 putra tim yang lolos diantaranya tim asal Human Malang, Ebbrau/Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ebbrau, Spartan Renon Army, Dan Coki, Hura Hura A, Kenanga Jaya A dan Pecel Gak Pedes.

Kemudian, Garuda Woman A, Uwuh, Universitas Brawijaya 2, Sahabat A, Uhuy, Promax, Polslay, Garuda Woman B mewakili kategori U-23 putri.

Ia menambahkan, tim yang melaju ke babak final provinsi itu akan kembali diadu dengan pemenang dari City Selection Surabaya. City Selection Surabaya sendiri baru akan berlangsung 23 Oktober 2022. 

"Pertemuan tim terbaik dari dua kota ini akan digelar di Surabaya pada 29-30 Oktober 2022. Tim akan bersaing berebut tiket ke Grand Final yang dijadwalkan berlangsung pada 26-27 November 2022 di Jakarta," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari tim SMA Kolese Santo Yusup Malang, Didi mengatakan bahwa turnamen tersebut merupakan yang pertama kali ia ikuti. Sebelumnya, mereka hanya bermain di internal sekolah.

Meskipun persiapan cukup mepet, lanjutnya, tim langsung melakukan seleksi di internal sekolah untuk berlaga, termasuk sesi latihan bersama dalam waktu cukup singkat.

"Meski mepet, kami lumayan keras dalam berlatih. Kami tak ingin lewatkan kesempatan ini. Kami bertekad lolos ke Province Final di Surabaya," kata Didi.

Nantinya, pada Grand Final yang digelar di Jakarta, wakil dari Jawa Timur akan adu kemampuan dengan wakil dari Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Babak puncak akan menjadi panggung para pemain menuju timnas karena akan dipantau dengan pencari bakat.

Pada turnamen tersebut, diikuti oleh 87 tim berlaga di  City Selection Malang. Sebanyak 41 tim masuk dalam kategori  U-23 putra, 12 tim untuk kategori putri, dan 22 tim untuk kategori U-18 putra.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022