Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan memperpanjang pendaftaran panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan, khusus perempuan, karena tidak memenuhi kuota keterwakilan kaum perempuan 30 persen.

Koordinator Divisi Humas Bawaslu Pamekasan Suryadi di Pamekasan, Jumat, mengatakan bahwa perpanjangan pendaftaran calon anggota panwalu kecamatan sejak 2 hingga 8 Oktober 2022.

"Keputusan memperpanjang pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan ini merupakan sebuah bentuk affirmative action Bawaslu terhadap kaum perempuan agar ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu, terutama bisa bergabung menjadi penyelenggara pemilu bersama Bawaslu," katanya.

Dikatakan pula bahwa pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan di Pamekasan sebenarnya telah dilakukan sejak 21 hingga 27 September 2022.

Ia menyebutkan total pendaftar kala itu sebanyak 274 orang dengan jumlah pendaftar perempuan sebanyak 37 orang.

Namun, setelah dilakukan penelitian administrasi, menurut dia, sebagian pendaftar perempuan tidak lolos, sehingga tidak penuhi kuota 30 persen perempuan.

"Oleh karena itu, Bawaslu Kabupaten Pamekasan menyepakati untuk membuka pendaftaran lagi atau perpanjangan, khusus untuk pendaftar perempuan," katanya.

Sebagaimana pendaftaran bagi lagi calon peserta laki-laki, persyaratan bagi pendaftar calon anggota panwaslu kecamatan perempuan juga sama, yakni pendaftar bukan anggota partai politik, berumur minimal 25 tahun, dan ijazah pendidikan terakhir tingkat SMA.

Sementara itu, jumlah anggota panwaslu kecamatan yang hendak direkrut untuk keperluan Pemilu 2024 sebanyak 39 orang. Mereka akan bertugas pada 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan yang masing-masing kecamatan terdiri atas tiga orang.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022