Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, membagikan sejumlah vitamin untuk hewan ternak sapi di kabupaten setempat dalam rangka menanggulangi penyebaran virus penyakit mulut dan kuku.

Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron dalam keterangan pers di Pasuruan, Senin, mengatakan pemkab menyalurkan bantuan vitamin kepada para peternak sapi perah di Kecamatan Lumbang.

"Adapun bermacam kebutuhan kesehatan hewan ternak terdiri dari alat pelindung diri (APD), masker, sepatu boots dan alat sprayer. Juga ada desinfektan, vitamin, antibiotik, apron, antipiretik, ntihistamin, spuit disposable," katanya.

Ia mengatakan sekalipun saat ini jumlah hewan ternak sapi yang terjangkit PMK sudah berangsur turun, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus gencar melakukan upaya penanggulangan.

"Mulai dari memberikan edukasi, pendampingan hingga memberikan bantuan bagi peternak," ujarnya.

Pihaknya membagikan obat-obatan, vitamin dan disinfektan untuk disemprotkan di kandang sapi.

"Vaksin diberikan untuk sapi yang sehat. Yang baru sembuh dari PMK, tidak apa-apa divaksin sekalipun jaraknya belum ada satu bulan," katanya.

Ia juga meyakinkan para peternak bahwa vaksin menyehatkan sapi, laiknya vaksin penguat untuk menanggulangi COVID-19 pada manusia.

“Jadi, kalau bapak-bapak sedang mengobati dan sapinya masih belum sehat maka pakaian yang habis digunakan peternak harus diganti. Makanya tidak boleh ada orang lain masuk kandang. Kalaupun ada orangnya harus disemprot. Mudah-mudahan PMK segera mereda," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022