Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga Surabaya Achmad Solihin mengatakan lulusan SMA sederajat yang menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dapat mendaftar di Seleksi Mandiri jalur Ujian Tulis Unair.

"Penerima KIP-K ini bisa mendaftar di 17 program studi (prodi) dari 44 prodi yang tersedia di Unair," kata Solihin di Surabaya, Jumat.

Prodi tersebut adalah Prodi Akuakultur, Akuakultur (SIKIA Banyuwangi), Antropologi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Biologi, Ekonomi Islam, Fisika, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Ilmu Politik, Ilmu Sejarah, Kedokteran Hewan (SIKIA Banyuwangi), Kesehatan Masyarakat (SIKIA Banyuwangi), Kimia, Matematika, Rekayasa Nanoteknologi, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan dan terakhir Teknologi Hasil Perikanan.

Solihin mengatakan pendaftaran jalur terakhir untuk masuk Unair ini dibuka sejak 1 hingga 22 Juli 2022.

"Nantinya Uang Kuliah Awal (UKA) yang ada akan nol bagi penerima KIP-K. Jadi kesempatan bagi yang memiliki nilai akademik bagus tapi tidak mampu secara ekonomi bisa tetap mendaftar di jalur mandiri," ungkapnya.

Solihin menambahkan, pendaftaran bisa dilakukan secara luring dengan memilih option peserta KIP-K di laman pendaftaran. Nantinya secara otomatis peserta harus melampirkan bukti kartu KIP Kuliahnya.

"Yang diterima KIP Kuliah ini tergantung hasil tes tulisnya, berapapun jumlah mahasiswa kami terima. Kami tidak menetapkan maksimal pendaftar KIP-K, asal memenuhi syarat maka kami terima," ujarnya.

Hingga saat ini, daya tampung yang tersedia untuk Seleksi Mandiri jalur Ujian Tulis sekitar 1.600 mahasiswa baru dari total kuotanya 3.100 mahasiswa baru.

"Satu hal yang perlu diingatkan bagi calon mahasiswa baru, untuk yang mendaftar langsung mendaftar saja tidak usah menunggu detik terakhir karena biasanya crowded karena butuh proses verifikasi," ujarnya.

Seperti pendaftar Seleksi Mandiri jalur UTBK yang dua hari terakhir melonjak pendaftarnya 1.000 per hari sehingga harus antre untuk verifikasi.

"Misalkan terjadi kekurangan syarat akan dikembalikan dan waktunya semakin terbatas untuk memperbaiki dan mendaftar lagi. Jadi tidak usah menunggu lagi, kalau mau mendaftar ya selesaikan seawal mungkin. Sehingga tinggal fokus belajarnya untuk tes tulis," kata dia. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022