Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang meluncurkan Program Pasar dan Pusat Perbelanjaan (mal) yang Sehat, Inovatif dan Aman Pakai (SIAP) QRIS 2022, di antaranya di Pasar Bunulrejo, Pasar Dinoyo, Pasar Kepanjen, serta pusat perbelanjaan Malang Town Square.

"Peluncuran pasar SIAP QRIS ini kami rangkaikan dalam penutupan penyelenggaraan DIGIFES BI NGALAM (Digital Festival Bank Indonesia Malang) 2022," kata Kepala Perwakilan BI Malang, Jawa Timur Samsun Hadi dalam rilis penutupan DIGIFES BI NGALAM 2022 yang diterima di Malang, Senin.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengemukakan saat ini kesadaran masyarakat terhadap digitalisasi sudah semakin tinggi. Di Kota Malang ada 16 pasar yang sudah menggunakan QRIS dan hampir seluruh pedagang juga sudah adaptif dengan pembayaran digital ini.

"Digitalisasi menjadi sebuah keharusan di seluruh sektor, termasuk dalam misi Malang Service, seperti pelayanan publik, perekonomian digital, semua harus digital,” kata Sutiaji.

Pada kesempatan itu, Sutiaji menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia, karena membantu mewujudkan impiannya dalam menerapkan revolusi 4.0 pada masyarakat. Sebagai respons digitalisasi, Bank Indonesia telah mengakselerasi ekonomi digital di berbagai aspek, salah satunya dalam sistem pembayaran.

Dengan hadirnya QRIS sebagai perwujudan praktis dalam bertransaksi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pembayaran non tunai masyarakat. QRIS memberikan rasa aman dan nyaman. "Sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi lebih praktis, higienis dan ekonomis," katanya.

Penutupan DIGIFES BI NGALAM 2022 dilaksanakan Minggu (12/6) yang dirangkai dengan pengumuman juara dan penyerahan hadiah kepada pemenang dari berbagai lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya, salah satunya stan UMKM terbaik dalam kegiatan pameran.

Seluruh rangkaian kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 tersebut merupakan bentuk sinergi dari digitalisasi sistem pembayaran yang bertujuan untuk mengakselerasi ekonomi-keuangan digital nasional sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Melalui sinergi yang melibatkan sejumlah mitra utama maupun mitra pendukung, dipastikan Karya Kreatif Indonesia (KKI) dapat mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Berwisata di Indonesia (BWI) serta Presidensi Indonesia pada G20 dalam mewujudkan semangat “Recover Together, Recover Stronger” serta mendukung gerakan #UMKMgodigital_goglobal.

Kegiatan DIGIFES BI NGALAM 2022 yang mengusung tema "Sinergi dan Bangkit Bersama Dukung Akselerasi Pemulihan EKonomi Melalui Digitalisasi" itu berlangsung  di Malang Town Square selama lima hari pada 8-12 Juni 2022.

Berbagai kegiatan untuk mendukung agenda tersebut, di antaranya pameran produk unggulan UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia Malang, fashion show, talkshow, dan berbagai lomba menarik.

Selain itu,  bedah buku dengan menghadirkan narasumber penulis buku Ellen May dengan karyanya “Smart Traders Not Gamblers”. "Melalui kegiatan bedah buku ini diharapkan dapat meningkatkan literasi serta minat baca terutama bagi kalangan anak muda," kata Samsun Hadi.

Selain itu, BI Malang menggelar talkshow keuangan digital dengan tema “Sinergi dan Bangkit Bersama Dukung Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi melalui Digitalisasi”.

BI juga melakukan sosialisasi “Cinta Bangga dan Paham Rupiah” serta kampanye QRIS 15 juta pengguna yang bertema “Manfaat Digitalisasi Pembayaran QRIS”.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022