Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mendorong pelaku wisata meningkatkan layanan dan inovasi menyambut para wisatawan pada libur Lebaran 2022  seiring pandemi COVID-19 yang mulai menurun dan diberlakukan pelonggaran.

"Pariwisata kita tidak boleh hanya berpuas diri dengan pencapaian saat ini. Perlu terus meningkat layanan dan menciptakan inovasi-inovasi baru. Supaya kunjungan wisatawan tidak hanya sekali, tapi kembali lagi, lagi dan lagi," kata Bupati Ipuk, saat memberikan tali asih kepada pelaku wisata, seniman dan budayawan di pelinggihan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Kamis.

Kepada para seniman Banyuwangi, ia juga meminta para seniman terus berkreasi melahirkan karya-karya baru. Sehingga para penonton akan mendapatkan kesan yang baru setiap melihat pertunjukan kesenian di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Untuk menyambut libur Lebaran tahun ini, katanya. Pemkab Banyuwangi memberikan stimulus di sejumlah destinasi wisata dengan berbagai pertunjukan seni, yang bertujuan untuk memberikan ruang kreasi bagi para seniman, sekaligus mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Dalam situasi apapun, kami berkomitmen penuh untuk senantiasa mendampingi dunia pariwisata, kesenian dan kebudayaan di Banyuwangi. Seperti halnya penyaluran tali asih ini," ujarnya.

Tali asih bagi seniman, budayawan dan pelaku wisata di Banyuwangi, menurut Ipuk, adalah bagian dari bentuk keberpihakan pemerintah.

"Jangan dilihat nominalnya. Memang tidak seberapa. Tapi ini adalah komitmen kami untuk terus mendukung dunia wisata, kesenian dan kebudayaan di Bumi Blambangan ini," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022