SMA dan SMK kekhususan di Jawa Timur membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lebih awal pada Maret hingga akhir April mendatang.  

"Kami membuka pendaftaran PPDB mulai 1 Maret hingga 22 April 2022 melalui laman https://smkn12surabaya.sch.id/ppdb," kata Kepala SMKN 12 Surabaya, Biwara Sakti Pracihara di Surabaya, Selasa. 

Ada 15 konsentrasi keahlian di SMKN 12 yang bisa dipilih oleh siswa dalam PPDB jalur Bakat dan Minat, yakni seni teater, seni musik, seni tari, desain komunikasi visual, seni karawitan dan seni pedalangan.  

Praci menjelaskan PPDB di sekolahnya lebih dulu digelar karena ada tahapan seleksi yang cukup panjang. Salah satu persyaratan khusus adalah melampirkan portofolio sesuai dengan persyaratan dari jurusan yang dituju.

"Dalam tahapan ini setiap siswa yang mendaftar hanya bisa memilih satu konsentrasi keahlian (jurusan) saja. Sementara saat ini jumlah pendaftar per detik ini sudah ada 158 siswa," ujarnya. 

Dalam sistem penyeleksian yang akan dilakukan pada 25-26 April mendatang, rencananya sekolah akan menggelar kegiatan tes seleksi bakat dan minat 2022 secara tatap muka. 

Pada sistem seleksi ini, pihaknya juga akan menggunakan alat ukur keterampilan siswa yang akan diberikan menjelang waktu seleksi. Misalnya untuk jurusan seni tari diukur dari keterampilan dasar menari dan siswa diminta memperagakan. 

"Persyaratan tidak ada perubahan yang mendasar hanya melengkapi supaya betul-betul anak itu menggunakan alat ukur ini. Jadi yang dihasilkan juga kompetensinya berkualitas semua," katanya. 

Diakui Praci, setiap tahunnya peminatan PPDB jalur Minat dan Bakat ini tidak sampai mencapai 50 persen dari kebutuhan kuota yang tersedia.

Pada tahun 2021 saja, dari total kuota 844 siswa  hanya terpenuhi 209 siswa di jalur Minat dan Bakat. Sisanya, 635 siswa mengikuti sistem PPDB reguler dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.  

"Minimnya siswa yang diterima dalam jalur ini sedang dianalisa untuk meningkatkan ketertarikan siswa lulusan SMP pada SMK seni," katanya. 

Pihaknya menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan daerah untuk menyosialisasikan SMK seni. Selanjutnya menggelar seminar dan sosialisasi terkait prospek lulusan SMK seni yang melibatkan guru BK dan guru seni budaya SMP. 

"Kami juga undang Dosen dari Fakultas Psikologi Unesa untuk memberi pemantapan dan paparan terkait prospek dan peluang SMK seni. Harapannya guru BK yang terlibat ini bisa menjelaskan ke siswanya, prospek karir lulusan SMK," katanya. 

Pendaftaran PPDB lebih awal juga dilakukan SMAN Olahraga (SMANOR) Jawa Timur. Proses pendaftaran dilakukan mulai 1-11 Maret 2022 melalui https://smanorjatim-cbl.com. Sedangkan tahapan seleksi akan digelar pada  21-25 Maret 2022. 

Kepala SMANOR Jatim, Suswanto setiap tahunnya kuota yang diberikan dalam PPDB SMANOR sebanyak 70 siswa dari 15 jenis cabang olahraga di antaranya, atletik, sepak takraw, judo, gulat, pencak silat, renang, selam,  karate, panjat tebing, voli pantai, dan sepatu roda.  

"Kuota tersebut karena tahapan seleksi yang cukup ketat, seperti seleksi fisik umum bagi yang lulus tes khusus cabang olahraga, dan tes psikologi dan akademi khusus bagi siswa yang lolos seleksi fisik umum dan seleksi cabor," ujarnya. 

Sementara untuk persyaratan umum yakni calon peserta didik wajib melampirkan sertifikat kejuaraan terbaik berjenjang yang diakui internasional maupun provinsi, induk organisasi atau lembaga resmi seperti Kemendikbud Ristek maupun Kemenpora. 

Selanjutnya, surat keterangan sehat dari dokter dan WNI yang berdomisili di Jawa Timur dengan dilengkapi akta dan KK. (*) 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022