Wali Kota Madiun Maidi menyebut insan pers memiliki peran penting dalam proses pembangunan dan perubahan di Kota Madiun saat ini yang menjadi lebih baik.

"Yang membawa agen perubahan maju itu salah satunya insan pers. Mereka itu sering mengkritik saya, kemudian Saya introspeksi. Karena benar kritikannya maka kita benahi dan kita jalankan. Inilah peran pers, khususnya dalam pemberitaannya, Saya mengucapkan terima kasih karena ikut membawa perubahan ke depan lebih baik," ujar Wali Kota Maidi di Madiun, Jumat (11/2).

Pada kegiatan bersepeda dengan sejumlah awak media dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Wali Kota Maidi mengatakan sinergi Pemkot Madiun bersama rekan-rekan pers sudah terjalin baik. 

"Melalui peringatan HPN tahun ini, diharapkan sinergi yang sudah terjaga ini bisa semakin ditingkatkan untuk hal yang lebih baik lagi," kata dia.

Menurutnya, selama ini pers memiliki peranan penting di dalam pembangunan Kota Madiun. Khususnya, dalam hal pemberitaan perkembangan Kota Madiun yang cukup pesat. Sehingga, semakin dikenal, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Lebih lanjut, Maidi juga mengungkapkan bahwa pihaknya berharap pers turut berperan sebagai pengawas dalam pembangunan di Kota Madiun. 

"Saya tidak anti-kritik. Kalau ada yang kurang pas, silakan disampaikan untuk Kota Madiun yang lebih baik," katanya.

Maidi berharap, kiprah pers ke depan semakin baik dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai kaidah yang ada. Selain itu, Pemkot Madiun juga siap memfasilitasi pelatihan keterampilan jika dibutuhkan insan pers.
Wali Kota Madiun Maidi memberikan sambutan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 di Taman Wisata dan Edukasi Ngrowo Bening Kota Madiun, Jumat (11/2/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)


Sementara, dalam kegiatan bersepeda atau gowes bersama Wali Kota Madiun dengan insan media tersebut mengambil rute dari Balai Kota Madiun menuju ke Jalan Cokroaminoto, Pasar Sleko, Jalan Trunojoyo, Soekarno-Hatta, Kapten Tendean, Ngebong, Dawuhan, dan singgah di titik kumpul Pasar Bunga Baru. 

Kemudian, perjalanan berlanjut ke Jalan Dawuhan, Taman Praja, Letkol Suwarno, Jalan Auri, Slamet Riyadi, Diponegoro, Rimba Darma, Setiaki, Mastrip, Abdurrahman Saleh, dan finis di Taman Wisata dan Edukasi Ngrowo Bening sisi selatan.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Maidi, Sekda Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto bersama ibu, Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri beserta jajaran, dan kepala OPD terkait.

Dalam kegiatan tasyakuran sederhana tersebut juga diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Wali Kota Madiun dan diberikan kepada perwakilan wartawan.

Selain itu, saat bersepeda bersama tersebut juga dilakukan pemberian bantuan sembako kepada abang becak di sejumlah titik jalur yang dilalui. 

Peringatan Hari Pers Nasional dirayakan pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya. Hari Pers Nasional (HPN) merupakan peringatan tahunan yang dilaksanakan rutin di Indonesia sejak tahun 1985. Sebagai informasi, puncak peringatan HPN Tahun 2022 secara nasional diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022