Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) 2021 untuk kategori institut dari LLDIKTI Wilayah VII.

Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Dr. Nurcholis Sunuyeko di Malang, Jumat, menyatakan bersyukur IBU mampu mendapatkan penghargaan dalam gelaran AKU tahun ini.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan wujud dari konsistensi IKIP Budi Utomo dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, sehingga IKIP Budi Utomo mampu mendapat penghargaan dan tetap eksis sebagai sebuah lembaga pendidikan yang resmi dan terus mencetak anak bangsa yang cerdas dan berkarakter,” ujarnya.

Setelah mendapatkan penghargaan AKU, kata Nurcholis, ke depan pihaknya akan terus berusaha  meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan dan sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

“Kami akan terus memperbaiki kualitas SDM dan tata kelola kelembagaan agar ke depannya bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi dalam Anugerah Kampus Unggul ini,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, tahun ini IKIP Budi Utomo menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menerima 168 mahasiswa dari 43 perguruan tinggi di Tanah Air.

Sedangkan IKIP Budi Utomo juga mengirimkan 83 mahasiswanya untuk kuliah di 17 perguruan tinggi di Indonesia.

Pemberian Anugerah Kampus Unggulan (AKU) bagi perguruan tinggi swasta dilaksanakan setiap tahun sejak 2009 dan bertepatan dengan Rakerpim Perguruan Tinggi.

Penghargaan ini untuk memberikan dorongan dan motivasi bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan dan sumber dayanya.

Hadir pada penganugerahan AKU 2021 yang dihelat di Malang, Rabu (24/11) sebagai peserta adalah 318 pemimpin PTS dan undangan, yang dilakukan secara luring dan daring, sedangkan undangan yang hadir secara luring sebanyak 100 PTS dengan diberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Penghargaan AKU juga diberikan kepada 19 PTS, mulai dari kategori Akademi, Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, dan PT Vokasi (Politeknik, Akademi dan Akademi Komunitas) pada gelaran Rapat Kerja Pemimpin Perguruan Tinggi (Rakerpim PT) di Grand Mercure Hotel Malang, Rabu (24/11/2021).

Pada penyelenggaraan tahun ini, LLDIKTI Wilayah VII juga memberikan Anugerah Kampus Unggulan Bidang Khusus kepada 40 PTS sebagai nominator dalam 11 kategori, antara lain Kinerja Bidang Kemahasiswaan Terbaik, Akselerasi Jabatan Akademik Terbaik, Akselerasi Pengelolaan Perguruan Tinggi Baru Terbaik dan Humas Perguruan Tinggi Terbaik.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021