Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Sultan melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren  Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, Jawa Timur, Jumat, membahas dan melakukan penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan.

Pembahasan poin kerja sama yang ditandatangani bersama antara pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo K.H.R. Achmad Azaim Ibrahimy dan Dubes Mesir Ashraf Sultan, selain mengenai beasiswa ke Universitas Al-Azhar, juga ada beberapa program seminar internasional yang akan digelar di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo.

"Beliau (Ashraf Sulton) berkunjung ke pesantren-pesantren Nahdlatul Ulama (NU) untuk mewakili negaranya membahas hubungan bilateral di bidang pendidikan untuk beasiswa ke Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir.," ujar Kiai Azaim.
Dubes Mesir untuk RI Ashraf Sultan berbincang dengan Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo KHR Achmad Azaim Ibrahimy. Jumat (19/11/2021) (ANTARA/Novi H)


Selama ini, menurut Kia Azaim, hubungan diplomasi Indonesia dan Mesir sangat baik. Bahkan, Negara Mesir merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia

Katanya, Dubes Mesir untuk Indonesia Ashraf Sultan mengaku terhormat bisa diterima di kalangan pesantren NU, dan berjanji akan kembali berkunjung ke Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo.

"Makanya beliau (Ashraf Sultan) menawarkan untuk memperbanyak program kegiatan seperti seminar internasional di Sukorejo," tutur Kiai Azaim.
 
Dubes Mesir untuk RI Ashraf Sultan sambutan saat kunjungan kerja ke Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo, Jumat (19/11/2021). (ANTARA/Novi H)

Kerja sama Ponpes Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo dengan Universitas Al-Azhar sebenarnya sudah berlangsung sejak 2019, bersama mantan Rektor Universitas Al-Azhar, Prof. Ibrahim Sholah Sayyid Sulaiman Al Hud Hud.

"Untuk berapa jumlah beasiswa yang akan diberikan ke Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo kami belum tahu. Dua tahun lalu sebenarnya ada dosen dari Universitas Al-Azhar akan dikirim ke Ponpes Sukorejo untuk mengajar, namun dibatalkan karena pandemi. Tadi Dubes juga menyampaikan hal itu, bahwa semua kegiatan luar negeri bagi warga Mesir dihentikan selama pandemi," katanya.

Kiai Azaim menambahkan Dubes Mesir Ashraf sangat terkesan saat berada di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, karena serasa berada di lingkungan Al Azhar, Kairo, Mesir.

"Beliau tadi juga bisik-bisik kalau suasananya di Ponpes Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo serasa di Mesir, mulai bacaan nasyid maupun mendengarkan santri membaca kitab-kitab klasik," katanya.

Dari pantauan, selama rangkaian acara kunjungan kerja Dubes Mesir untuk RI di Ponpes Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo, juga turut hadir menyambut kunjungan Dubes Mesir, yakni Bupati Situbondo Karna Suswandi, Kajari, Kapolres Situbondo, dan Kasdim 0823/ Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021